Pemkab Bekasi Bentuk Satgas Khusus Demi Menekan Angka Pengangguran

Kamis, 09 Juni 2022 – 13:40 WIB
Pemkab Bekasi Bentuk Satgas Khusus Demi Menekan Angka Pengangguran - JPNN.com Jabar
Para pencari kerja. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jabar.jpnn.com, BEKASI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi membentuk satuan tugas (satgas) khusus untuk menekan angka pengangguran di Bekasi.

"Kami sudah berdiskusi dengan pihak-pihak terkait, nantinya unsur satgas pengangguran ini akan terdiri dari pelaku usaha, pemerintah dan unsur lainnya," kata Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan, Kamis (9/6).

Dia mengatakan struktur satgas pengangguran melibatkan pemerintah daerah, akademisi, komunitas, organisasi terkait seperti Kadin dan PHRI, unsur masyarakat, serta dari sektor dunia usaha yakni pengelola kawasan industri.

Selain membentuk struktur satgas, pemerintah daerah bersama unsur terkait dalam waktu dekat akan membenahi data kemiskinan akibat dampak pengangguran. Data program bantuan dari pemerintah dan lembaga sosial juga akan disatupadukan.

Setelah itu satgas khusus pengangguran ini juga akan memetakan jumlah lowongan kerja yang dibutuhkan perusahaan-perusahaan di Kabupaten Bekasi dalam jangka waktu tertentu.

"Kalau di pengangguran, kami ada beberapa step. Pertama membuat peta kompetensi yang dibutuhkan. Ternyata selama ini kami tidak ada peta itu," katanya.

"Jumlah perusahaan ada 7.000 sekian, tetapi kami tidak tahu berapa jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan dalam satu bulan atau setahun, operatornya butuh berapa, programmer butuh berapa, ini yang tidak ada data terpadunya. Itu dulu yang akan kami bangun," tambahnya.

Menurut dia dengan mengetahui data lowongan kerja maka akan membantu pihaknya dalam penyaluran tenaga kerja lokal yang memiliki keahlian serta kompetensi khusus.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi siap membentuk satuan tugas (satgas) khusus untuk menekan angka pengangguran.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News