Cegah PMK, Pemkab Bekasi Bentuk Tim PKH

Selasa, 07 Juni 2022 – 23:00 WIB
Cegah PMK, Pemkab Bekasi Bentuk Tim PKH - JPNN.com Jabar
Ilustrasi - Hewan ternak sapi. Foto: Ricardo/jpnn.com

jabar.jpnn.com, BEKASI - Pemerintah Kabupaten Bekasi membentuk tim pengawas kesehatan hewan (PKH), dengan menggandeng Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Cabang Jawa Barat 5.

"Tim pengawas ini bertugas memastikan kesehatan hewan kurban yang akan dijual menjelang Iduladha nanti," kata Kabid Kesehatan Hewan padaDinas Pertanian Kabupaten Bekasi, Dwiyan Wahyudiharto, Selasa (7/6).

Dia mengatakan tim pengawas kesehatan hewan tersebut beranggotakan 30 personel, yang terdiri dari perangkat daerah Pemerintah Kabupaten Bekasi ditambah petugas PDHI Jawa Barat.

Tim ini akan melakukan pengawasan di tingkat pedagang termasuk pemeriksaan antemortem. Pemeriksaan dilakukan menjelang musim kurban hingga nanti H+2 atau H+3 Iduladha.

"Tim ini akan disebar ke sejumlah lapak pedagang hewan kurban, rumah dan tempat pemotongan hewan, serta masjid-masjid yang menyelenggarakan pemotongan hewan kurban," ujarnya.

Dwiyan menjelaskan setelah melakukan pemeriksaan ke lokasi yang telah ditentukan, tim tersebut kemudian memberikan keterangan kesehatan hewan berdasarkan hasil pemeriksaan.

"Misal ada sekian yang sehat dan sekian yang sakit. Kalau ada yang sakit maka kami sarankan untuk diobati, tidak boleh dijual," jelasnya.

Dia juga mengimbau masyarakat agar membeli hewan kurban dengan kondisi yang sehat. Ciri-cirinya seperti tidak ada luka pada mulut, hidung, kaki, gerakan hewan lincah, nafsu makan bagus, serta tidak cacat.

Bersama Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Cabang Jawa Barat 5, Pemkab Bekasi membentuk tim pengawas kesehatan hewan.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News