Menjelang Iduladha, Ridwan Kamil Pastikan Hewan Ternak yang Dijual di Jabar Sehat

Rabu, 08 Juni 2022 – 21:57 WIB
Menjelang Iduladha, Ridwan Kamil Pastikan Hewan Ternak yang Dijual di Jabar Sehat - JPNN.com Jabar
Gubenur Jawa Barat Ridwan Kamil saat ditemui di Kantor Wilayah Kementrian Agama Jawa Barat, Jalan Jenderal Sudirman, Kota Bandung, Rabu (8/6).

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) terus melakukan sejumlah upaya dalam mencegah penyebaran wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) di wilayahnya.

Terlebih, saat ini masyarakat bersiap menghadapi perayaan Iduladha atau hari raya kurban yang memiliki tradisi memotong hewan ternak.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan, pihaknya telah melakukan sejumlah langkah-langkah antisipasi PMK menjelang perayaan hari raya kurban.

Salah satunya, kata Ridwan Kamil, dengan memastikan pedagang hewan kurban menjual ternak yang telah melalui proses pemeriksaan kesehatan.

Selanjut, Ridwan Kamil menjelaskan, hewan ternak yang telah melalui pemeriksaan kesehatan dan layak untuk diperjualbelikan memiliki ciri yang diberikan Dinas Peternakan setempat.

"Nah untuk ketenangan warga, setiap hewan yang aman dari penyakit di kupingnya akan ada sertifikat warna kuning berbentuk keping yang ditindik jadi kaya anting," ujar Ridwan Kamil saat ditemui di Kantor Wilayah Kementrian Agama Jawa Barat, Jalan Jenderal Sudirman, Kota Bandung, Rabu (8/6).

Oleh karena itu, Ridwan Kamil meminta kepada seluruh penjual hewan kurban untuk memeriksakan ternaknya ke Dinas Peternakan yang ada di seluruh Kabupaten dan Kota di Jabar.

"Jadi kepada penjual ternak harus memastikan ternak yang dijualnya sehat, ke Dinas Peternakan masing-masing di wilayah kota kabupaten untuk mendapatkan keping tanda sehat," ujar pria yang kerap disapa Kang Emil itu.

Menjelang Iduladha Pemprov Jabar siap melakukan pemeriksaan kesehatan intensif hewan ternak yang diperjualbelikan untuk hari raya kurban.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News