Ratusan Ruang Kelas SD Serta SMP Rusak dan Butuh Perbaikan di Garut

Senin, 06 Juni 2022 – 22:00 WIB
Ratusan Ruang Kelas SD Serta SMP Rusak dan Butuh Perbaikan di Garut - JPNN.com Jabar
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Garut Ade Manadin. (ANTARA/Feri Purnama)

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Sebanyak 260 ruang belajar atau kelas di tingkat sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) di Kabupaten Garut rusak dan perlu perbaikan.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Garut Ade Manadin mengatakan, pihaknya telah melakukan pendataan terkait rusaknya ratusan ruang kelas di wilayahnya.

Menurutnya, Disdik Kabupaten Garut terus menginventarisasi setiap bangunan sekolah maupun ruang kelas yang rusak berat, sedang maupun dalam kondisi bagus.

Data sementara di lapangan, kata Ade, khusus ruang kelas yang rusak berat tercatat 260 kelas, kondisi itu akan diperbaiki secara bertahap pada tahun anggaran 2022 maupun 2023.

"Untuk perbaikannya di tahun 2022 ada, ada juga nanti 2023 diperbaikinya," kata Ade di Kabupaten Garut, Senin (6/6).

Ade menuturkan, data ruang kelas yang rusak itu masih tergolong sedikit jika dibandingkan dengan jumlah ruang kelas yang ada di tingkat SD dan SMP sebanyak 10.200 kelas.

"Jumlahnya kecil untuk yang rusak berat dari jumlah 10.200 kelas yang ada," katanya.

Ia menambahkan jumlah ruang kelas yang rusak seringkali datanya bisa lebih banyak, karena yang sebelumnya masuk kategori rusak sedang bisa jadi beberapa hari kemudian menjadi berat.

Dinas Pendidikan Kabupaten Garut mencatat ada 260 ruang belajar atau kelas di tingkat SD serta SMP, yang mengalami kerusakan berat dan membutuhkan perbaikan.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News