BPBD Jabar Tunggu Instruksi Bantu Cari Emmeril, Anak Ridwan Kamil

Selasa, 31 Mei 2022 – 16:40 WIB
BPBD Jabar Tunggu Instruksi Bantu Cari Emmeril, Anak Ridwan Kamil - JPNN.com Jabar
Putra Ridwan Kamil Emmeril Khan Mumtadz. Foto : Instagram Emmeril Khan Mumtadz.

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat menyatakan kesiapannya bila sewaktu-waktu diminta untuk membantu proses pencarian putra sulung Ridwan Kamil, Emmeil Khan Mumtadz yang hilang di Sungai Aare, Kota Bern, Swiss.

Pusdalops PB BPBD Jawa Barat Hadi Rahmat menuturkan, pihaknya akan membantu pencarian bila memang Ridwan Kamil membutuhkan bantuannya.

Namun, pihaknya tetap akan mempertimbangkan lebih dulu terkait kewenangan otoritas negara setempat.

Kata Hadi, setiap negara memiliki ketentuan dan kewenangan sendiri dalam hal penanggulangan bencana.

“Tentu saja BPBD Jabar siap untuk melaksanakan tugas tersebut, namun terkait hal tersebut tentu ada permasalahan otoritas atau kewenangan masing-masing negara, seperti dalam penanggulangan bencana harus ada izin dan permintaan dari pemerintah setempat untuk dilakukan operasi,” kata Hadi dikonfirmasi, Selasa (31/5).

Hal lain yang perlu disiapkan adalah tim. Menurutnya, butuh tim atau personel yang memiliki skill mumpuni dalam pencarian.

“Karena tidak hanya faktor kemampuan saja yang diperhitungkan, namun juga kesiapan pengetahuan kondisi medan pencarian yang tentu saja sangat berbeda dengan di negara kita (Indonesia). Jadi ini mungkin juga tidak mudah,” terangnya.

Maka dari itu, diperlukan koordinasi lebih lanjut dengan pemerintah di negara Swiss yang saat ini menangani masalah tersebut.

BPBD Jabar tunggu instruksi dalam pencarian Emmeril Khan Mumtadz, anak Ridwan Kamil yang hilang di Sungai Aare, Kota Bern, Swiss.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News