Pemkot Bandung Pastikan Wilayahnya Masih Aman dari Penyebaran Cacar Monyet

Selasa, 31 Mei 2022 – 12:35 WIB
Pemkot Bandung Pastikan Wilayahnya Masih Aman dari Penyebaran Cacar Monyet - JPNN.com Jabar
Kepala UPT Puskesmas Ibrahim Adjie dr Adnan Sofyan. (Foto: Diskominfo Kota Bandung)

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung memastikan wilayahnya masih aman dari wabah cacar monyet. Meski begitu, masayrakat diharapkan tetap harus berhati-hati.

Kepala UPT Puskesmas Ibrahim Adjie dr Adnan Sofyan mengatakan, sampai dengan Minggu (29/5), belum ada kasus cacar monyet yang terjadi di Indonesia.

Namun, masyarakat diimbau untuk tetap menjaga kesehatan dan menghindari kontak dengan hewan liar demi mencegah virus ini berkembang di Indonesia.

Kata Adnan, cacar monyet bukan tergolong virus berbahaya yang mematikan.

“Cacar monyet atau monkeypox ini serupa dengan jenis cacar lainnya. Namun memang cacar monyet termasuk penyakit zoonis, artinya bisa menular dari hewan ke manusia, “ kata Adnan pada keterangan resminya, Selasa (31/5).

Hewan yang menularkan virus ini berasal dari hewan liar seperti monyet dan hewan pengerat lainnya.

Penularan dari hewan tersebut bisa terjadi akibat luka cakar atau gigitan dan jika seseorang sembarangan mengonsumsi daging hewan liar.

“Sedangkan penularan sesama manusia itu bisa lewat udara, air liur, atau kulit ke kulit. Mirip cacar lainnya, virus ini menyerang semua orang, tetapi hanya orang dengan kekebalan tubuhb kurang yang akan terjangkit,” tuturnya.

Pemkot Bandung antisipasi penyebaran penyakit cacar monyet. Kepala UPT Puskesmas Ibrahim Adjie sampaikan cara pencegahannya.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News