Pemkab Garut Siapkan Dana Bantuan Bagi Peternak Terdampak PMK

Kamis, 26 Mei 2022 – 23:00 WIB
Pemkab Garut Siapkan Dana Bantuan Bagi Peternak Terdampak PMK - JPNN.com Jabar
Wakil Bupati Garut Helmi Budiman. (ANTARA/Feri Purnama)

jabar.jpnn.com, GARUT - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut serius dalam menangani wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak di wilayahnya. Salah satunya dengan menyiapkan dana bantuan bagi peternak yang terdampak wabah PMK.

"Kami akan memberikan uang kerohiman, kadeudeuh istilahnya, untuk peternak yang hewannya mati atau sakit," kata Wakil Bupati Garut Helmi Budiman di Garut, Kamis (26/5).

Kendati demikian, Helmi menyebut, pihaknya masih memperhitungkan besaran bantuan yang akan diberikan kepada peternak yang terdampak wabah PMK.

Menurutnya, Pemkab Garut sudah menyiapkan dana Rp570 juta untuk pengadaan obat-obatan dan biaya operasional petugas di lapangan sejak wabah PMK terjadi di wilayah Garut.

"Untuk dana kerohiman ini bisa juga dari dana sana (Rp570 juta), tapi kalau kurang nanti bisa dari BTT (belanja tidak terduga)," katanya.

Ia mengatakan, penularan PMK telah membuat peternak merugi karena sapi potong mereka bobotnya turun sehingga harga jualnya juga turun.

"Sapi perah kerugian per harinya satu miliar potensinya, sapi potong juga sama, penurunan bobot daging," katanya.

Helmi menyampaikan, pihaknya sudah mengerahkan petugas kesehatan untuk memeriksa ternak dan membagikan obat serta berupaya mencegah penularan PMK meluas.

Dalam rangka meminimalisir kerugian peternak akibat wabah PMK, Pemkab Garut siapkan dana bantuan bagi peternak terdampak.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News