Pemprov Jabar Kembali Usul Pemekaran Daerah Untuk Tiga Wilayah

Selasa, 03 Mei 2022 – 18:00 WIB
Pemprov Jabar Kembali Usul Pemekaran Daerah Untuk Tiga Wilayah - JPNN.com Jabar
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Gedung Sate, Bandung. (Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com)

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Pemerintah Provinsi Jawa Barat kembali mengusulkan tiga Calon Daerah Persiapan Otonomi Baru (CDPOB) dalam rapat paripurna DPRD Jawa Barat.

Ketiga CDPOB tersebut adalah Kabupaten Cianjur Selatan, Kabupaten Tasikmalaya Selatan dan Kabupaten Garut Utara.

Sebelumnya pada Kamis (28/4), Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menandatangani persetujuan CDPOB dan langkah selanjutnya adalah berkas usulan tersebut diserahkan kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk dikaji.

“Tahapan selanjutnya Pemprov Jabar akan segera menyampaikan usulan tersebut ke pemerintah pusat,” kata Ridwan Kamil dalam keterangan resminya dikutip, Selasa (3/5).

Ridwan Kamil menerangkan, pemerintah pusat nantinya akan melakukan penilaian terhadap pemenuhan persyaratan dasar kewilayahan dan administrasi. Kemudian hasilnya disampaikan kepada DPR dan DPD RI.

“Jika disetujui oleh DPR dan DPD RI, maka pemerintah akan membentuk tim independent” ujarnya.

Katanya, tugas dari tim independen ini ialah mengkaji persyaratan dasar kapasitas daerah yang terdiri dari tujuh parameter.

Ada pun ketujuh parameter itu di antaranya, geografi, demografi, keamanan, sosial politik, adat dan tradisi, potensi ekonomi, keuangan daerah, dan kemampuan penyelenggaraan pemerintahan.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil menandatangani persetujuan tiga CDPOB atau pemekaran daerah, untuk kemudian dikaji oleh Kemendagri.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News