Harga Cabai dan Daging Sapi Mahal Menjelang Lebaran, Ini Alasan Dispangtan Bandung

Senin, 25 April 2022 – 14:58 WIB
Harga Cabai dan Daging Sapi Mahal Menjelang Lebaran, Ini Alasan Dispangtan Bandung - JPNN.com Jabar
Ilustrasi Pegadang daging sapi. Foto : Lutviatul Fauziah/JPNN.com.

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Kepala Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangan) Kota Bandung Gingin Ginanjar menyampaikan penyebab kenaikan harga daging sapi dan cabai merah di Bandung menjelang Idul Fitri.

Kata Gingin, momen mendekati lebaran permintaan bahan baku akan mengalami peningkatan. Itu dikarenakan, masyarakat yang akan memasak untuk kebutuhan hari raya, meski masih dalam kondisi pandemi Covid-19.

Selain itu, untuk komoditas cabai merah, Gingin menerangkan, ramadan tahun sekarang cuaca Bandung sedang masuk musim hujan.

Sehingga berpengaruh terhadap kualitas panen cabai yang ditanam para petani. “Cabai itu barang yang mudah rusak jadi mempengaruhi produksi dan kualitas. Di satu sisi permintaan meningkat, tetapi satu sisi produksi menurun,” kata Gingin di Bandung, Senin (25/4).

Gingin menambahkan, untuk ketersediaan bahan baku menjelang lebaran, bisa dipastikan aman dan penuh sehingga masyarakat tidak perlu khawatir, Hanya saja, harga yang perlu diantisipasi pembeli.

Dia mengungkapkan, biasanya akan terjadi kenaikan harga besar-besaran di h-4 menuju Idulfitri. Kenaikan harga seiring dengan permintaan pembeli yang juga meningkat.

“Berdasarkan data tahun lalu, biasanya H-4 harga beberapa ada kenaikan biasanya. Ketersediaan cukup, bahkan Bulog bilang untuk beras (ketersediaan) cukup sampai 3 bulan setelah lebaran,” jelasnya.

Sementara soal daging sapi, Gingin mengatakan DKPP Kota Bandung memiliki rumah potong hewan (RPH) yang bisa dipastikan pasokan daging sapi, baik lokal mau pun impor itu aman.

Dispangtan Kota Bandung mengungkapkan, cuaca menjadi faktor kenaikan harga cabai merah di Bandung menjelang lebaran. Begini penjelasannya.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News