Sebelum Mudik, Simak Tiga Skenario Polda Jabar Urai Kemacetan

Sabtu, 23 April 2022 – 23:10 WIB
Sebelum Mudik, Simak Tiga Skenario Polda Jabar Urai Kemacetan - JPNN.com Jabar
Dirlantas Polda Jabar Kombes Pol Romin Thaib. (Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com)

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Direktorat Lalu Lintas Polda Jawa Barat menyiapkan tiga skenario apabila terjadi kemacetan panjang di Gerbang Tol (GT) Cileunyi saat arus mudik Lebaran 2022.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jabar Kombes Pol Romin Thaib mengatakan, tiga skenario cara bertindak (CB) itu dilakukan karena GT Cileunyi termasuk jalur yang ramai dilalui pemudik menuju jalur selatan.

"Semua tempat kami lakukan alternatif-alternatif, itu lah strategi kami untuk membuat arus mudik ini berjalan lancar, makanya kami harap masyarakat berpartisipasi," kata Romin di Jalan Pasteur, Bandung, Sabtu (23/4).

Skenario pertama adalah, Dirlantas Polda Jabar telah berkoordinasi dengan Jasa Marga untuk meminta menambah card reader atau pemindahan kartu untuk mempercepat pemudik keluar pintu tol menggunakan kartu E-Tol.

"Itu perlu ditambah supaya nanti petugas jemput bola, termasuk kami memperkuat gerbang satelitnya," ucapnya.

Lalu yang ke dua yakni petugas kepolisian menurutnya akan mengarahkan kendaraan untuk meneruskan perjalanan ke Tol Cisumdawu.

Nantinya pemudik yang akan menuju ke jalur selatan bisa keluar di GT Jatinangor.

"Setelah keluar di Jatinangor, pemudik bisa menyesuaikan untuk berjalan ke arah mananya," jelasnya.

Ditlantas Polda Jabar menyiapkan tiga skenario apabila terjadi kemacetan panjang di Gerbang Tol (GT) Cileunyi saat arus mudik Lebaran 2022.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News