Gegara Hal Ini, Perlintasan Kereta Rawa Geni Ditutup Petugas Gabungan

Kamis, 21 April 2022 – 12:55 WIB
Gegara Hal Ini, Perlintasan Kereta Rawa Geni Ditutup Petugas Gabungan - JPNN.com Jabar
Penutupan perlintasan kereta manual Rawa Geni. Foto : Lutviatul Fauziah/JPNN.com.

jabar.jpnn.com, DEPOK - KAI Commuter menutup perlintasan Rawa Geni, Kecamatan Cipayung, Kota Depok, usai kecelakaan yang terjadi di lokasi tersebut pada Rabu (20/4) kemarin.

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengungkapkan, perlintasan tersebut merupakan perlintasan illegal dan setelah kejadian kemarin langsung dilakukan penutupan.

“Petugas gabungan langsung menutup perlintasan sebidang tersebut secara permanen. Ini bertujuan untuk menjaga keselamatan perjalanan kereta dan mencegah hal serupa tidak terulang kembali,” ucap Anne dalam keterangan resminya.

Dia mengatakan, penutupan perlintasan tersebut juga sejalan dengan Pasal 94 Ayat (1) Undang-undang 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian,

“Yakni untuk keselamatan perjalanan KA dan pemakai jalan, perlintasan sebidang yang tidak mempunyai izin harus ditutup” jelasnya.

Penutupan perlintasan tersebut sudah dikordinasikan dengan PT KAI, Direktorat Keselamatan DJKA, serta Dinas Perhubungan Kota Depok.

KAI Commuter mencatat, akibat kecelakaan pada Rabu (20/4) kemarin, KAI Commuter melakukan rekayasa pola operasi sebanyak 24 jadwal perjalanan KRL, yang berdampak kepada kelambatan 376 jadwal perjalanan KRL dengan keterlambatan tertinggi 75 menit dan rata-rata keterlambatan sampai 58 Menit.

“Kejadian tersebut juga menyebabkan terhambatnya aktivitas hampir 89 ribu lebih pengguna KRL karena kejadian terjadi pada jam sibuk,” tuturnya.

Demi keselamatan bersama, KAI Commuter menutup perlintasan Rawa Geni, Kecamatan Cipayung, Kota Depok, usai kecelakaan yang terjadi di lokasi tersebut kemarin.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News