Mau Mudik Melalui Tol Cisumdawu? Simak Saran Dari Pak Koswara

Sabtu, 09 April 2022 – 20:00 WIB
Mau Mudik Melalui Tol Cisumdawu? Simak Saran Dari Pak Koswara - JPNN.com Jabar
Ilustrasi mudik lebaran. Foto: dok jpnn

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Jalan tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) sudah bisa diewati para pemudik di Idulfitri 1443 Hijriah. Namun jalur tol tersebut hanya bisa dipakai untuk pemudik yang akan menuju Sumedang.

“Cisumdawu kami sarankan hanya ditujukan bagi pemudik menuju Sumedang. Hal itu dikarenakan ada kendala di exit tol Cisumdawu yang di Pamulihan,” kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Barat A. Koswara di Bandung, Sabtu (9/4).

Koswara menjelaskan, bila pemudik yang ke arah Timur menggunakan tol Cisumdawu dikhawatirkan akan terjadi penumpukan karena akses jalan yang kecil.

Maka dari itu, pihaknya mengusulkan ke jasa marga jalur tol Cisumdawu bisa dilalui bagi pemudik yang akan menuju Sumedang saja.

“Nah itu jalan keluarnya kecil. Kalau mudiknya ke arah Timur lewat Cisumdawu nanti menumpuk di sana. Jadi sebaiknya diarahkan oleh Jasa Marga Cisumdawu untuk ke Sumedang saja, tapi itu baru diusulkan saja,” jelasnya.

Hanya saja, kata Koswara, pihaknya mengembalikan kepada para pemudik. Apabila tetap mau menggunakan Cisumdawu dipersilakan namun dengan konsekuensi yang sudah dijabarkan.

“Pilihannya kembali ke warga, kami sampaikan di Cisumdawu exit tol nya seperti ini kondisinya. Tetapi tetap jadi alternatif. Hanya saja ada kondisi seperti itu jadi disarankan untuk yang akan ke Sumedang saja,” tambahnya.

Ihwal infrastuktur jalur tol menjelang mudik lebaran, Dishub Jabar memastikan bahwa infrasttuktur sudah memadai dan layak digunakan pemudik.

Dishub Jabar menyarankan tol Cisumdawu diperuntukan hanya untuk pemudik menuju Sumedang. Begini penjelasannya.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News