Ternyata Ini Penyebab Cuaca Bandung di Malam Hari Lebih Dingin

Rabu, 06 April 2022 – 19:04 WIB
Ternyata Ini Penyebab Cuaca Bandung di Malam Hari Lebih Dingin - JPNN.com Jabar
BMKG Bandung menerangkan penyebab cuaca di wilayah Bandung Raya pada malam hari lebih dingin dari biasanya. Foto: Ricardo/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Cuaca Kota Bandung di malam hari dalam beberapa hari terakhir terasa lebih dingin dari biasanya. 

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasun Geofisika Bandung mengungkap penyebab fenomena tersebut. 

Kepala BMKG Bandung Teguh Rahayu mengatakan, pada akhir musim hujan April ini, curah hujan diprediksi akan terjadi lebih tinggi dibandingkan beberapa bulan sebelumnya. 

“Kondisi ini disebabkan tingginya aktivitas pembentukan konvektif yang disebabkan oleh faktor labilitas atmosferik lokal,” kata Teguh di Bandung, Rabu (6/4). 

Dia menjelaskan, ketika curah hujan meningkat, potensi bencana hidrometeorologi juga meningkat. 

Terutama fenomena alam seperti angin kencang atau angin puting beliung hingga hujan es. 

“Perubahan cuaca yang dinamis juga patut diwaspadai karena dapat menyebabkan penurunannya stamina atau imunitas tubuh,” ujar Teguh. 

Selain itu, peralihan musim juga membuat suhu di wilayah Bandung Raya lebih dingin karena adanya proses pendinginan evaporative. Proses pembentukan awan konvektif diawali oleh proses evaporasi. 

BMKG Bandung menerangkan penyebab cuaca di wilayah Bandung Raya pada malam hari lebih dingin dari biasanya. Simak penjelasannya.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News