Pemkot Depok Terus Upayakan Langkah Strategis untuk Penanganan Sampah

Sabtu, 28 September 2024 – 14:45 WIB
Pemkot Depok Terus Upayakan Langkah Strategis untuk Penanganan Sampah - JPNN.com Jabar
Potret TPA Cipayung, Kota Depok. Foto : Lutviatul Fauziah/JPNN

jabar.jpnn.com, DEPOK - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok terus berupaya untuk menyelesaikan permasalahan sampah di wilayahnya.

Penyelesaian sampah ini pun harus diselesaikan baik di hulu atau rumah tangga maupun di hilir atau Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung. 

Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok, Nina Suzana mengatakan, pihaknya sedang melakukan edukasi secara intensif dan pendampingan kepada masyarakat dalam memilah dan mengolah sampah mulai dari skala lingkungan terkecil.

“Kegiatan memilah sampah dari rumah tangga terus kita ajarkan kembali kepada masyarakat. Kami mulai dari lingkungan kecil, seperti RT dan RW, dengan harapan mereka bisa mengolah sampah di rumah sendiri,” ucap Nina dikutip Sabtu (28/9).

Dia menjelaskan, Satgas Penanganan Sampah Kota Depok telah membagi tanggunggjawab penanagan sampah di hulu dan di hilir kepada setiap Perangkat Daerah (PD). 

Nantinya, masing-masing PD sudah ditunjuk sebagai penanggung jawab untuk tiap kecamatan, aktif memberikan pendampingan kepada warga.

Pendampingan ini, mencakup edukasi tentang cara memilah sampah dengan benar, serta bagaimana mengelola sampah organik dengan metode seperti lubang biopori dan budidaya maggot.

“DLHK juga siap memberikan bantuan teknis jika diperlukan, sehingga setiap RT dan RW bisa mandiri dalam mengelola sampahnya,” tuturnya.

Pemkot Depok terus berupaya menangani permasalahan sampah dengan pendekatan hulu dan hilir
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News