DKPP Kota Bogor Siapkan 500 Dosis Vaksin Rabies untuk Menyambut WRD 2024

Jumat, 27 September 2024 – 12:00 WIB
DKPP Kota Bogor Siapkan 500 Dosis Vaksin Rabies untuk Menyambut WRD 2024 - JPNN.com Jabar
Petugas kesehatan saat memberikan vaksin rabies. Foto: Source for JPNN.com

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bogor menyiapkan ratusan dosis vaksin anti-rabies gratis untuk hewan peliharaan masyarakat, dalam rangka peringatan World Rabies Day (WRD) atau Hari Rabies Se-dunia 2024.

Pelaksana harian (Plh) Kepala Bidang Peternakan DKPP Kota Bogor, Patriantariksina Randusari mengatakan pemberian vaksin anti-rabies ini merupakan upaya pencegahan bahaya rabies di Kota Bogor, meskipun saat ini kota tersebut masih bebas rabies.

“Untuk peringatan WRD, target 200 dosis vaksin rabies, tetapi kami menyediakan 500 dosis,” katanya.

Patriantariksina mengatakan pemberian vaksin dilakukan pada bulan September dan Oktober, di mana Hari Rabies Se-dunia diperingati setiap 28 September.

Pemberian vaksin, kata Patriantariksina, dilakukan di Puskeswan Kota Bogor yang ada di Kelurahan Cipaku dan beberapa titik lain yang dijadwalkan oleh DKPP.

“Puskeswan Kota Bogor akan mengadakan roadshow vaksinasi, jadi masyarakat bisa memvaksin hewannya di spot-spot yang akan diinformasikan kemudian,” ujarnya.

Dia menyebutkan jenis hewan yang bisa diberi vaksin anti-rabies, antara lain anjing, kucing, dan musang. Dalam kegiatan ini, DKPP Kota Bogor didukung oleh Pusat Standardisasi Instrumen Peternakan dan Kesehatan Hewan, Persatuan Dokter Hewan Indonesia Jawa Barat, dan Sekolah Vokasi IPB.

“Syarat utama hewan yang divaksinasi harus sehat. Syarat lain adalah tidak bunting, umur minimal empat bulan, dan tidak sedang dalam masa pengobatan,” kata Patriantariksina. (antara/jpnn)

DKPP Kota Bogor menyiapkan ratusan dosis vaksin anti-rabies gratis dalam rangka peringatan World Rabies Day (WRD) atau Hari Rabies Se-dunia 2024.

Redaktur & Reporter : Yogi Faisal

Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News