Realisasi TKDN Kota Bogor Capai 83,8 Persen

Kamis, 26 September 2024 – 15:30 WIB
Realisasi TKDN Kota Bogor Capai 83,8 Persen - JPNN.com Jabar
Ketua Aptiknas Bogor, Azka Basil Danish Rahmat (kanan), Head Of Sales EPSON, M Husni Nurdin (kiri) dan Sekretaris Diskominfo Kota Bogor, Oki Tri Fasiasta Nurmala Alam (tengah). Foto: Yogi Faisal/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Asosiasi Pengusaha Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (Aptiknas) Bogor, bersama EPSON menggelar sosialisasi dan edukasi bertemakan "Mendorong Penggunaan Produk TKDN Menuju Indonesia Emas".

Ketua Aptiknas Bogor, Azka Basil Danish Rahmat mengatakan lewat kegiatan ini diharapkan masyarakat dan instansi pemerintah bisa menggunakan produk-produk buatan dalam negri ketimbang luar negeri.

"Intinya, melalui kegiatan ini kami ingin semuanya melek, dengan menggunakan produk dalam negeri sama saja kita sudah mendorong dan menghidupkan TKDN," katanya, Kamis (26/9).

Untuk diketahui, TKDN adalah singkatan dari Tingkat Komponen Dalam Negeri, yang merupakan besarnya kandungan komponen dalam negeri pada barang, jasa, dan gabungan keduanya. 

TKDN juga termasuk biaya pengangkutan yang ditawarkan dalam penawaran harga barang dan jasa. 

TKDN merupakan salah satu aspek penting dalam rantai pasok di dalam negeri. TKDN menjadi salah satu preferensi dalam menentukan produk atau barang dalam proses pengadaan barang/jasa di beberapa instansi pemerintahan. 

Untuk membantu program pemerintah mengoptimalkan TKDN, maka sektor-sektor tertentu wajib memiliki TKDN dengan penetapan nilai prosentase yang sudah diperhitungkan. 

Pemerintah Indonesia mendorong penggunaan sebesar-besarnya Produk Dalam Negeri (PDN) dengan TKDN dalam setiap pengadaan Barang dan Jasa Pemerintahan.

Aptiknas Bogor, bersama EPSON mendorong agar instansi pemerintah menggunakan produk TKDN demi mewujudkan Indonesia emas
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News