3 BUMD Jabar Dinilai Berhasil Terapkan GCG Berkelanjutan, BKPP Berikan Apresiasi

Jumat, 27 September 2024 – 11:30 WIB
3 BUMD Jabar Dinilai Berhasil Terapkan GCG Berkelanjutan, BKPP Berikan Apresiasi - JPNN.com Jabar
Tiga Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Jawa Barat (Jabar) yaitu PT MUJ, PT Jasa Sarana dan Jaswita sukses menerapkan tata kelola perusahaan yang baik atau (GCG), dan mendapatkan apresiasi dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Foto: Source for JPNN.

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Tiga Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Jawa Barat (Jabar) yaitu PT MUJ, PT Jasa Sarana dan Jaswita sukses menerapkan tata kelola perusahaan yang baik atau (GCG).

Alhasil, ketiganya mendapatkan sertifikat apresiasi untuk BUMD Aneka Usaha dengan GCG Terbaik Tahun 2023 dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Jabar.

Sertifikat apresiasi itu diberikan langsung Kepala BPKP Jawa Barat Adi Gemawan kepada Direktur Utama PT Jasa Sarana Indrawan Sumantri, disaksikan oleh Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin, Deputi Kepala BPKP Bidang Akuntan Negara Sally Salamah, dalam Workshop Penguatan Tata Kelola BUMD, BLU/BLUD Untuk Kontribusi Optimal Dalam Penyelenggaraan Pembangunan Daerah yang digelar BPKP Jabar, di Bandung, Kamis (26/9).

Sally Salamah menekankan agar implementasi Governance, Risk, and Complient (GRC) pada BUMD, BLU/BLUD Kesehatan dan BUMDesa dapat terlaksana dengan baik sebagai bagian dari GRC pemerintah daerah.

“GRC bukan merupakan penghambat langkah Bapak/Ibu pimpinan dalam mengambil tindakan. Justru GRC menjadi benteng Bapak/Ibu dalam mengambil langkah strategis agar terjaga dari penyimpangan yang berpotensi pemanggilan oleh APH,” kata Sally dalam keterangan tertulisnya kepada JPNN.com, dikutip Jumat (27/9).

Penerapan GRC, kata Sally, bisa memberikan manfaat pada meningkatnya kinerja perusahaan, meningkatkan kontribusi BUMD, mampu memperoleh laba dan/atau keuntungan.

Selain itu, GRC juga dapat mendorong pegawai BUMD dalam membuat keputusan dan menjalankan tindakan dilandasi nilai moral yang tinggi dan kepatuhan terhadap peraturan perundangan, serta kesadaran tanggung jawab sosial BUMD terhadap pemangku kepentingan maupun kelestarian lingkungan di sekitar BUMD.

Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin berharap apresiasi dan workshop yang digelar BPKP Jabar ini membuat pengelolaan BUMD, BLU/BLUD, dan BUMDes dapat semakin optimal, sehingga dapat memberikan dampak yang lebih besar bagi peningkatan perekonomian Jawa Barat.

Tiga Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Jawa Barat (Jabar) yaitu PT MUJ, PT Jasa Sarana dan Jaswita sukses menerapkan tata kelola perusahaan yang baik atau (GCG).
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News