2 Unit Bus Listrik Siap Melayani Warga Kabupaten Bogor

Selasa, 24 September 2024 – 19:00 WIB
2 Unit Bus Listrik Siap Melayani Warga Kabupaten Bogor - JPNN.com Jabar
Bus listrik dipamerkan dalam peringatan Harhubnas di Lapangan Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (24/9/2024). (ANTARA/M Fikri Setiawan)

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Penjabat Bupati Bogor Asmawa Tosepu menyebutkan bahwa dua unit bus listrik bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat segera beroperasi dalam waktu dekat ini.

"Capaian transportasi yang ada hari ini Kabupaten Bogor mencanangkan bus listrik yang akan melayani di kawasan perkotaan Kabupaten Bogor ini,” kata Asmawa Tosepu seusai peringatan Hari Perhubungan Nasional di Lapangan Tegar Beriman, Selasa (24/9).

Saat ini Dinas Perhubungan Kabupaten Bogor sedang melakukan kajian mengenai sarana hingga utilitas pendukung untuk operasional bus listrik di rute Sirkuit Sentul-Pakansari-Bojonggede.

Sementara, Kepala Dishub Kabupaten Bogor Agus Ridhallah mengungkapkan awalnya ia mengajukan bantuan sebanyak sembilan unit bus listrik untuk digunakan sebagai layanan Bus Rapid Transit (BRT) di Kabupaten Bogor.

Menurut Agus, upaya pendirian koridor bus listrik tersebut adalah untuk mengurai kemacetan yang sering terjadi di Kabupaten Bogor dan membiasakan masyarakat beralih ke angkutan massal.

"Ini untuk angkutan massal sebagai upaya mengurai kemacetan dan efisiensi warga karena itu mobil listrik. Selain mengurai macet juga meminimalkan biaya transportasi," ujar Agus.

Semula, bantuan bus listrik tersebut akan direalisasikan pada tahun 2023 melalui APBD Perubahan Pemprov Jawa Barat. Namun, bantuan tersebut urung dilakukan.

Agus juga mengaku belum mengetahui pasti berapa anggaran yang digelontorkan Pemprov Jawa Barat jika pengajuan tersebut direalisasikan.

Penjabat Bupati Bogor Asmawa Tosepu menyebutkan bahwa dua unit bus listrik bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat segera beroperasi dalam waktu dekat ini.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News