2 Cara Mengecek Penerima BLT Minyak Goreng

Minggu, 03 April 2022 – 07:30 WIB
2 Cara Mengecek Penerima BLT Minyak Goreng - JPNN.com Jabar
Minyak Goreng. Foto : Ricardo/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pemerintah akan memberikan bantuan lansung tunai (BLT) minyak goreng (migor) kepada masyarakat.

Langkah itu diambil menyusul harga migor naik cukup tinggi sebagai dampak lonjakan harga minyak sawit di pasar internasional.

BLT minyak goreng tersebut rencananya akan diberikan dalam bentuk uang Rp 100 ribu per bulan kepada masyarakat.

Pemerintah berencana memberikan bantuan tersebut untuk tiga bulan sekaligus, untuk periode April, Mei, dan Juni. Adapun pembayarannya akan dilakukan di muka pada April 2022 sebesar Rp 300 ribu.

Kriteria penerima BLT minyak goreng

Jokowi menjelaskan kriteria penerima BLT minyak goreng adalah mereka yang termasuk dalam daftar penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH) serta PKL yang berjualan makanan gorengan.

"Bantuan akan diberikan kepada 20,5 juta keluarga yang masuk dalam daftar BPNT dan masuk dalam daftar PKH serta 2,5 juta PKL yang berjualan makanan gorengan," kata Jokowi.

Cara mengecek penerima bansos BLT minyak goreng

Untuk memastikan apakah kamu termasuk penerima bansos BPNT, PKH, dan PKL kamu bisa mengecek secara langsung melalui cara ini, di antaranya:

1. Cek penerima bansos

  • Cara yang pertama cek penerima bansos 2022 adalah melalui laman cekbansos.kemensos.go.id.
  • Masuk ke laman cekbansos.kemensos.go.id
  • Isikan data yang diminta, mulai dari wilayah dan nama lengkap Anda
  • Ketikkan kode yang terdiri dari delapan digit huruf, sertakan juga spasi seperti yang terlihat digambar
  • Klik, cari data
  • Jika nama Anda muncul, maka Anda sudah tercantum dalam DTKS. Namun, untuk memastikan apakah Anda termasuk penerima BPNT 2022, pastikan dalam kolom status BPNT tertulis, Ya.

2. Aplikasi cek bansos

Selanjutnya, cek penerima BPNT 2022 di aplikasi melalu aplikasi Cek Bansos yang dapat diunduh di PlayStore atau AppStore.

Berikut ini sejumlah cara untuk mengetahui apakah Anda masuk dalam daftar penerima BLT minyak goreng dari pemerintah atau tidak.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News