Media Bisa Ambil Peran dalam Pembuatan Kebijakan Ekonomi

Rabu, 18 September 2024 – 13:45 WIB
Media Bisa Ambil Peran dalam Pembuatan Kebijakan Ekonomi - JPNN.com Jabar
Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Barat Herman Suryatman bersama para narasumber dalam diskusi ekonomi dengan tema "Memperkuat Hubungan Pentahelix dalam Mendukung Perekonomian Nasional" di Kota Bandung, Selasa (17/9/2024). Foto: sources for JPNN

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Ketua PWI Jawa Barat Hilman menyatakan, media kini bukan hanya menjadi penyampai pesan, tetapi juga memiliki pengaruh dalam pembentukan persepsi, opini publik, serta sikap masyarakat terhadap isu-isu ekonomi.

Media tentu berperan dalam menyebarkan informasi dan edukasi mengenai kolaborasi pentahelix ini dalam mendukung pertumbuhan perekonomian nasional. Media bisa mempertemukan atau memediasi seluruh stake holder.

Untuk itu perlu langkah bersama dalam kolaborasi pentahelix yaitu unsur akademisi, bisnis (pelaku usaha), community (masyarakat), government (pemerintahan), dan media, atau disingkat ABCGM.

Keterlibatan lima elemen ini sangat penting dalam pembangunan. Kolaborasi ini bertujuan untuk memadukan berbagai perspektif, sumber daya, dan keahlian guna menciptakan sinergi dalam mendukung pertumbuhan ekonomi nasional yang berkelanjutan.

Kolaborasi Pentahelix bisa menjadi pondasi utama dalam mengusung dan memperkuat berbagai upaya pembangunan dalam berbagai sektor termasuk ekonomi dengan identifikasi peran dan kontribusi masing-masing elemen.

"Media dapat mengambil peran dalam proses pembuatan kebijakan. Bukan hanya sebagai penyampai informasi namun dapat mempengaruhi kebijakan ekonomi melalui berita yang dibuat," kata Hilman dalam diskusi Ikatan Wartawan Ekonomi Bisnis (IWEB) di Kota Bandung, Selasa (17/9/2024).

Sementara itu, Sekda Provinsi Jabar Herman Suryatman mengatakan, secara ekonomi Jawa Barat selalu menjadi yang terbaik nasional. Misalnya capaian investasi tertinggi nasional diatas Rp200 triliun kemudian kinerja birokrasi juga terbaik nasional.

Namun masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan untuk mencapai Visi dan Misi Jabar 2025-2040 sebagai provinsi termaju. Waktunya tinggal satu tahun lagi untuk lepas kandas.

Ketua PWI Jawa Barat Hilman menyatakan, media kini bukan hanya menjadi penyampai pesan, tetapi juga punya pengaruh dalam pembentukan persepsi isu ekonomi.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News