Hindari Jalan Ini Saat Berkendara di Kota Bogor dalam Kondisi Hujan dan Angin Kencang, Rawan Pohon Tumbang!

Senin, 09 September 2024 – 14:30 WIB
Hindari Jalan Ini Saat Berkendara di Kota Bogor dalam Kondisi Hujan dan Angin Kencang, Rawan Pohon Tumbang! - JPNN.com Jabar
Ilustrasi bencana alam. Petugas saat mengevakuasi pohon tumbang yang menutup jalan. Foto: Pemkot Bogor

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperumkim) Kota Bogor, melakukan sejumlah langkah untuk mengantisipasi terjadinya bencana pohon tumbang saat hujan deras, yang sempat terjadi pada Senin (2/9) .

Kepala Bidang Pengelolaan Keanekaragaman Hayati Disperumkim Kota Bogor, Devi Librianti menjelaskan Disperumkim fokus melakukan penanganan dengan memangkas pohon-pohon di jalur hijau dan jalur rawan.

“Kami memberi imbauan kepada masyarakat untuk tidak melewati jalur rawan tumbang saat hujan,” kata Devi.

Beberapa jalan yang terdapat pohon rawan tumbang, disebutkan Devi, antara lain Jalan Ahmad Yani, Jalan Pemuda, Bondongan, Batutulis, Jalan Pajajaran, Jalan Abdullah bin Nuh, Jalan Jalak Harupat, Jalan Paledang, dan Jalan RE Martadinata.

Dari data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor, pada hujan dan angin kencang pekan lalu ada 13 kejadian pohon tumbang dalam sehari.

“BPBD juga berkoordinasi minta Disperumkim cek (kesehatan pohon),” ucapnya.

Untuk pohon-pohon yang berada di luar kewenangan Disperumkim, Devi juga mengimbau kepada yang berwenang untuk juga melalukan pemangkasan secara swadaya.

Terpisah Kepala Stasiun Klimatologi Jawa Barat Rakhmat Prasetia mengatakan sudah dilakukan peringatan dini cuaca ekstrem di wilayah Jabodetabek, sehingga masyarakat diminta waspada berkaitan dengan rekomendasi dan prospek cuaca ke depan.

Berikut ini sejumlah ruas jalan di Kota Bogor yang rawan terjadi pohon tumbang saat hujan deras dan angin kencang
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News