Pemkab Purwakarta Optimistis Capai Target Produksi Padi di Tahun ini

Minggu, 18 Agustus 2024 – 09:00 WIB
Pemkab Purwakarta Optimistis Capai Target Produksi Padi di Tahun ini - JPNN.com Jabar
Ilustrasi padi dan beras. Foto: Ricardo/JPNN.com

jabar.jpnn.com, PURWAKARTA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta optimistis bisa mencapai target produksi padi pada tahun ini sebanyak 250.100 ton gabah kering giling.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Purwakarta, Sri Jaya Midan menyampaikan bahwa pihaknya terus melakukan langkah-langkah untuk meningkatkan produksi padi.

Hal tersebut di antaranya dilakukan melalui serangkaian kerja sama dengan kalangan petani, mulai dari memberikan bimbingan dan pendampingan kepada petani sejak masa tanam hingga pascapanen.

"Jadi para petani didampingi mulai dari mempersiapkan jenis benih berkualitas tinggi dan kuat dalam menghadapi musim kemarau. Kemudian diperhatikan pula terkait dengan penyediaan pompanisasi untuk menjaga stabilitas pasokan air.

Langkah lainnya yang diupayakan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian ialah menjamin ketersediaan pupuk, serta melakukan antisipasi terhadap ancaman serangan hama.

Midan mengaku dengan upaya yang dilakukan itu, target produksi padi hingga akhir tahun nanti bisa tercapai. Apalagi saat ini produksi padi di wilayah Purwakarta sudah cukup bagus.

Disebutkan, produksi padi semester pertama 2024 (Januari-Juni) mencapai 149.812 ton gabah kering giling.

Jumlah produksi padi tersebut dihasilkan dari areal persawahan seluas 17.970 hektare yang tersebar di 17 kecamatan di sekitar Purwakarta.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta optimistis bisa mencapai target produksi padi pada tahun ini sebanyak 250.100 ton gabah kering giling.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News