52.500 Liter Air Bersih Disiapkan Pemkab Purwakarta Demi Mencegah Kekeringan di Musim Kemarau

Rabu, 14 Agustus 2024 – 14:30 WIB
52.500 Liter Air Bersih Disiapkan Pemkab Purwakarta Demi Mencegah Kekeringan di Musim Kemarau - JPNN.com Jabar
Air bersih. Foto: Ricardo/JPNN.com Ilustrasi : Ricardo/JPNN.com

jabar.jpnn.com, PURWAKARTA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta menyiapkan puluhan ribu liter air bersih untuk membantu masyarakat yang kesulitan mendapatkan air bersih akibat dampak kekeringan pada musim kemarau.

"Kami sudah koordinasi dengan PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) Purwakarta terkait dengan kesiapan pasokan air bersih itu," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Purwakarta, Heryadi Erlan, Rabu (14/8).

Ia menyampaikan selain pasokan air bersih, pihaknya juga menyiapkan personel dan armada pengangkut air bersih.

Menurut dia, puncak kekeringan pada musim kemarau tahun ini diperkirakan mulai Agustus. Kondisi itu akan berdampak terhadap sebagian besar wilayah Purwakarta, yang mengakibatkan masyarakat akan kesulitan air bersih.

"Untuk mengantisipasinya, kami telah bersiaga penuh menghadapi kekeringan. Puluhan ribu liter air bersih sudah kita siapkan untuk memasok warga masyarakat yang terdampak kekeringan," katanya.

Sesuai dengan data BPBD Purwakarta, sebanyak 52.500 liter air bersih telah disiapkan untuk membantu warga yang kesulitan mendapatkan air bersih pada musik kemarau tahun ini.

Hal tersebut dilakukan, karena sebanyak 88 titik lokasi kawasan pemukiman warga yang tersebar di 13 kecamatan, diperkirakan akan menjadi lokasi rawan air bersih.

"Kami juga menyiagakan armada tangki pengangkut air untuk memasok daerah yang kesulitan air bersih. Setiap satu armada tangki, disiapkan tiga petugas untuk melakukan pendistribusian air," kata Erlan.

Pemkab Purwakarta menyiapkan puluhan ribu liter air bersih untuk membantu masyarakat yang kesulitan mendapatkan air bersih di musim kemarau.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News