PSP3 IPB Siap Ambil Bagian Dalam Pembangunan Pertanian dan Pedesaan di Indonesia

Kamis, 15 Agustus 2024 – 18:45 WIB
PSP3 IPB Siap Ambil Bagian Dalam Pembangunan Pertanian dan Pedesaan di Indonesia - JPNN.com Jabar
Kepala PSP3 IPB University Jaenal Effendy. Foto: Yogi Faisal/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Pusat Studi Pembangunan Pertanian dan Pedesaan (PSP3) IPB University, dalam usianya yang ke-50 tahun mengaku siap untuk terus hadir dalam pembangunan pertanian dan pedesaan di Indonesia.

Kepala PSP3 IPB University, Jaenal Effendy mengatakan dalam kurun waktu 50 tahun ini, PSP3 banyak diminta untuk memberi pandangan terhadap aturan atau kebijakan pemerintah.

Serta diminta saran terkait bagaimana pembangunan pertanian dan pedesaan ke depan.

Oleh karenanya, kata Jaenal, pusat studi tertua di IPB University ini siap hadir untuk bisa berkontribusi lebih besar terhadap pembangunan pertanian dan pedesaan.

"Bagaimana grand design pembangunan pertanian dan pedesaan diwujudnyatakan dalam ketahanan pangan, bagaimana masyarakatnya terberdayakan. Mereka tidak terpinggirkan tapi punya posisi yang jelas untuk kemajuan bangsa ini,” ujarnya.

Jaenal mengatakan situasi ketahanan pangan pada ranah global dihadapkan pada kelangkaan sumber daya alam. Sehingga menurutnya hal ini menjadi pekerjaan rumah (PR) bersama banyak pihak.

“Kalau kita tidak memiliki strategi yang ada, tapi kita tetap optimis bahwa ketahanan pangan ini tetap bisa diwujudnyatakan ketika misalnya para stakeholder dari unsur pemerintah, masyarakat, civitas akademik, industri, bahu membahu mewujudkan ketahanan pangan bisa tercapai,” ujarnya.

Ia menyebutkan, PSP3 memiliki strategi beberapa di antaranya melakukan kajian, riset, dan membantu beberapa daerah serta pelaku industri terkait dengan hilirisasi pertanian.

PSP3 IPB University di usianya yang ke-50 tahun mengaku siap untuk terus hadir dalam pembangunan pertanian dan pedesaan di Indonesia
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News