Dinkes Purwakarta: Pola Hidup Sehat dan Kebersihan Jadi Kunci Pencegahan ISPA

Rabu, 07 Agustus 2024 – 10:00 WIB
Dinkes Purwakarta: Pola Hidup Sehat dan Kebersihan Jadi Kunci Pencegahan ISPA - JPNN.com Jabar
Ilustrasi pola hidup sehat dan bersih atau menjaga kebersihan lingkungan. Foto: Source for JPNN.com

jabar.jpnn.com, PURWAKARTA - Dinas Kesehatan Kabupaten Purwakarta mengingatkan agar masyarakat menerapkan pola hidup bersih dan sehat supaya tidak mudah terserang penyakit musim kemarau seperti infeksi saluran pernapasan akut (ISPA).

Kepala Dinas Kesehatan Purwakarta, Deni Darmawan mengatakan bahwa penyakit yang seringkali muncul saat kemarau ialah penyakit ISPA, seperti batuk pilek, sinusitis, pneumonia, radang tenggorokan akut (faringitis), dan laringitis akut.

Ia mengatakan sebagai upaya dari antisipasi atau pencegahan terserang penyakit ISPA, masyarakat harus menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

Pola hidup bersih dan sehat ini, seperti mengonsumsi makanan bergizi, rajin berolahraga, serta menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah atau bertemu banyak orang.

"Cara hidup bersih dan sehat ini merupakan pencegahan penularan terbaik agar tidak mudah terserang penyakit pada musim kemarau," kata deni.

Penyakit ISPA disebabkan oleh adanya infeksi virus atau bakteri pada saluran pernapasan, baik pernapasan atas maupun bawah dapat terserang infeksi, namun paling sering terjadi pada bagian pernapasan atas.

Beberapa jenis virus yang dapat menyebabkan orang terkena ISPA ialah rhinovirus yang dapat menyebabkan flu, virus pneumokokus (menyebabkan pneumonia dan meningitis), virus adenovirus (dapat menyebabkan bronkitis, pneumonia dan flu), dan virus influenza yang dapat menyebabkan penyakit flu.

Sementara, jenis bakteri yang dapat menyebabkan ISPA adalah bakteri streptococcus yang menyebabkan peradangan paru-paru, bakteri bordetella pertussis yang menyebabkan batuk rejan.

Dinas Kesehatan Kabupaten Purwakarta mengingatkan agar masyarakat menerapkan pola hidup bersih dan sehat supaya tidak mudah terserang penyakit ISPA saat kemarau
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News