Pemerintah Bangun 15 Titik Sarana Air Bersih untuk Ribuan Rumah di Kabupaten Purwakarta

Senin, 29 Juli 2024 – 10:00 WIB
Pemerintah Bangun 15 Titik Sarana Air Bersih untuk Ribuan Rumah di Kabupaten Purwakarta - JPNN.com Jabar
Air bersih. Foto: Ricardo/JPNN.com Ilustrasi : Ricardo/JPNN.com

jabar.jpnn.com, PURWAKARTA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta membangun 15 titik sarana air bersih untuk memenuhi kebutuhan air bersih ribuan rumah di 15 desa yang tersebar di sejumlah kecamatan di daerah itu.

"Sebanyak 15 titik sarana air bersih itu dibangun pada tahun 2023, dengan sumber anggaran berasal dari pemerintah pusat melalui dana alokasi khusus," kata Sekretaris Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Purwakarta, Dian Ardiansyah.

Ia mengaku bersyukur karena pemerintah pusat masih memberikan perhatian serius untuk daerahnya, di antaranya dengan menggelontorkan bantuan pembangunan di Purwakarta melalui dana alokasi khusus (DAK) yang dimanfaatkan untuk pembangunan sarana air bersih.

"Pada tahun 2023, kami mendapatkan bantuan dari APBN untuk pembangunan sarana air bersih sebanyak 15 titik di 15 desa yang tersebar di sejumlah kecamatan," katanya.

Besaran anggaran program DAK untuk pembangunan sarana air bersih itu mencapai Rp8,9 miliar dan terealisasi 100 persen pembangunannya.

Menurut dia, sesuai dengan ketentuan, anggaran tersebut dititikberatkan untuk digunakan dalam pembangunan fasilitas sarana air bersih bagi masyarakat.

Ia menyampaikan bahwa daerah yang menjadi sasaran program ini di antaranya 15 desa yang tersebar di Kecamatan Sukatani, Kecamatan Sukasari, Pasawahan, Babakan Cikao, Plered, Jatiluhur dan Kecamatan Maniis.

Melalui program DAK tersebut, saat ini ada 1.417 rumah warga yang sudah teraliri air bersih.

Pemkab Purwakarta membangun 15 titik sarana air bersih untuk memenuhi kebutuhan air bersih ribuan rumah di 15 desa yang tersebar di sejumlah kecamatan
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News