Menjelang Ramadan, Ini Strategi Pemkot Bandung Tangani Gepeng Musiman

Selasa, 29 Maret 2022 – 20:40 WIB
Menjelang Ramadan, Ini Strategi Pemkot Bandung Tangani Gepeng Musiman - JPNN.com Jabar
Razia pengemis.

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bandung akan melakukan penyisiran terhadap penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) atau gepeng (gelandangan dan pengemis) menjelang ramadan 2022.

Biasanya, menjelang ramadan akan banyak bermunculan gepeng musiman. Kehadiran gepeng musiman ini cukup meresahkan masyarakat.

Kepala Satpol PP Kota Bandung Rasdian Setiadi mengatakan, pihaknya akan gencar melakukan operasi yustisi guna meminimalisir masalah-masalah sosial yang terjadi di masyarakat.

“Biasanya kebanyakan di perempatan (gepeng), ada ratusan perempatan, kami tak sendiri. Kami bantu Dinsos (Dinas Sosial) kami bawa dan mereka yang menindaklanjuti,” kata Rasdian di Bandung, Selasa (29/3).

Selain gepeng, pihaknya akan melakukan operasi yustisi terhadap penjualan minuman keras (miras) dan pekerja seks komersial (PSK) demi terciptanya kenyamanan bagi masyarakat dalam menjalankan ibadah puasa.

“Kami melaksanakan operasi yustisi seperti operasi pekat atau cipta kondisi yang bekerja sama dengan Polisi. Miras, PSK, kami akan laksanakan (operasi) itu sebagai rangkaian agar masyarakat nyaman melaksanakan ibadah puasa,” jelas Rasdian.

Ia menambahkan, rencana operasi yustisi ini akan mulai digelar di minggu ini, ihwal tempat dan waktu sudah ditargetkan.

Rasdian menambahkan, untuk menjaga kondusifitas kota, pihaknya juga berkoordinasi dengan pengadilan terkait penindakan atau jadwal sidang. Selain itu, petugas pun akan melakukan imbauan bagi masyarakat yang hendak ngabuburit.

Pemkot Bandung bakal melakukan penyisiran terhadap para gepeng musiman yang biasanya muncul di bulan Ramadan. Ini strateginya.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News