PIP Bantu 2 Juta Pengusaha Ultra Mikro Jabar Naik Kelas Melalui Bantuan Pembiayaan

Jumat, 26 Juli 2024 – 08:05 WIB
PIP Bantu 2 Juta Pengusaha Ultra Mikro Jabar Naik Kelas Melalui Bantuan Pembiayaan - JPNN.com Jabar
Kick-Off Program ToT Pendamping dari Pusat Investasi Pemerintah (PIP) untuk pengusaha ultra mikro. Foto: Ridwan Abdul Malik/JPNN.

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Pusat Investasi Pemerintah (PIP), Badan Layanan Umum (BLU) di bawah Kementerian Keuangan, telah memasuki usia 7 tahun. Sebagai coordinated fund yang bertugas mendukung perkembangan pelaku usaha ultra mikro, PIP telah menjangkau lebih dari 10,6 juta debitur di Indonesia.

Direktur Utama PIP Ismed Saputra mengatakan, akumulasi pinjaman yang telah disalurkan selama tujuh tahun terakhir telah mencapai Rp40,94 triliun hingga 22 Juli 2024.

PIP menyalurkan pembiayaan baik kepada nasabah dalam kelompok maupun individu yang skala usahanya masih sangat kecil dengan melibatkan 87 penyalur lembaga keuangan bukan bank (LKBB) dan menjangkau 510 kabupaten dan kota di Indonesia.

Penyaluran paling banyak disalurkan di Pulau Jawa dengan nominal Rp24,66 triliun kepada 6,71 juta debitur, disusul Sumatera dengan total penyaluran Rp9,8 triliun kepada 2,3 juta debitur.

Wilayah Sulawesi mencapai sebanyak Rp2,67 triliun dengan 672.417 debitur, sementara Bali dan Nusa Tenggara mencapai Rp2,26 triliun dengan total debitur 584.517.

Berikutnya wilayah Kalimantan dengan total penyaluran Rp895 miliar dengan jumlah debitur 225.075. Lalu wilayah Maluku dan Papua mencapai 158,7 miliar dengan jumlah debitur 36.886.

Adapun untuk wilayah Jawa Barat, penyaluran pembiayaan Ultra Mikro (UMi) melibatkan 15 penyalur, yakni PNM, Pegadaian, BAV, KSPPS Artha Bahana Syariah, Koperasi Konsumen Al Manar Sejahtera Bersama, KSP Kopdit Pelangi Kasih, KSPPS BMT Ibaadurrahman, PT Usaha Pembiayaan Reliance Indonesia (REFI), KSPPS Abdi Kerta Raharja, KSPPS BMT Bina Auladi Mandiri, KSPPS BMT Nusa Ummat Sejahtera, BMT Niaga Utama, Koperasi Simpan Pinjam Baitul Mandiri, KSPPS Benteng Mikro Indonesia, dan Koperasi Mitra Dhuafa.

“Tercatat ada total 2,21 juta debitur dengan penyaluran pembiayaan mencapai Rp8,35 triliun di Jawa Barat,” ujar Ismed dalam keterangan tertulisnya kepada JPNN.com, dikutip Jumat (26/7).

Bantu UMKM, Pusat Investasi Pemerintah (PIP) telah menyalurkan pembiayaan untuk pelaku usaha ultra mikro sebanyak Rp40,94 triliun sejak tahun 2017.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia