Prediksi BMKG: Bandung Raya Diguyur Hujan Deras 3 Hari ke Depan

Minggu, 07 Juli 2024 – 12:00 WIB
Prediksi BMKG: Bandung Raya Diguyur Hujan Deras 3 Hari ke Depan - JPNN.com Jabar
Ilustrasi cuaca ekstrem. Foto: M Fathra Nazrul Islam/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi wilayah Bandung Raya akan diguyur hujan dalam tiga hari ke depan. Selain hujan, suhu udara juga diprediksi jauh lebih dingin dari biasanya.

Kepala Stasiun Geofisika Kelas I Bandung Teguh Rahayu mengatakan, terdapat sirkulasi daerah pertemuan atau perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang terpantau memanjang dari Sumatera Utara hingga Jawa Barat bagian selatan yang berdampak pada meningkatnya potensi pertumbuhan awan hujan.

“Berdasarkan prediksi kondisi global, regional, dan probabilistik model diprakirakan pada umumnya cuaca di wilayah Jawa Barat cerah berawan hingga berawan berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang," kata Teguh dalam keterangan, Minggu (7/7/2024).

Dari analisa itu, BMKG memprediksi selama tiga hari ke depan terhitung mulai 7 hingga 9 Juli 2024, hujan disertai petir berpotensi turun di Bandung Raya dan sebagian wilayah di Jawa Barat pada siang hingga menjelang malam hari.

“Di Bandung Raya terdapat beberapa pengaruh lokal yang mendukung potensi pertumbuhan awan konvektif yakni kelembapan udara pada lapisan 850 mb dan 700 mb wilayah Bandung Raya relatif lembap yaitu 55-96 %,” jelasnya.

Selain hujan, Rahayu menyebut suhu udara di Bandung Raya juga akan terasa lebih dingin dan kering, terutama pada pagi hari dengan kecepatan angin 5-20 kilometer per jam.

“Analisis streamline menunjukkan wilayah Bandung Raya arah didominasi angin timuran yang membawa massa udara dingin dan kering, sehingga suhu di pagi hari dingin, di siang hari panas dan di sore/malam hari masih berpotensi hujan,” tuturnya.

"Suhu minimum di Bandung Raya diantara 19-21 °C, suhu maksimum di Bandung Raya diantara 29-30 °C," lanjutnya. 

BMKG memprediksi wilayah Bandung Raya akan diguyur hujan dalam tiga hari ke depan dengan suhu udara yang terasa lebih dingin.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News