Dishub Kabupaten Bogor Perbanyak Pospam Demi Awasi Sopir Truk Tambang

Kamis, 27 Juni 2024 – 10:00 WIB
Dishub Kabupaten Bogor Perbanyak Pospam Demi Awasi Sopir Truk Tambang - JPNN.com Jabar
Ilustrasi truk di kantong parkir khusus truk tambang di Kabupaten Bogor. Foto: Dok Pemkab Bogor

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bogor memperbanyak posko pengamanan (Pospam) di Jalur Parungpanjang untuk mengawasi para sopir truk atau angkutan khusus tambang.

Pelaksana harian (Plh) Kepala Dishub Kabupaten Bogor, Mustakim mengungkapkan Pospam yang semula hanya dua titik, diperbanyak menjadi lima titik.

Dua titik awal ada di sekitar kantung parkir milik Pemerintah Kabupaten Bogor di Desa Ciomas, Kecamatan Tenjo. Kemudian tiga titik lainnya yaitu pertama di bangunan bekas SPBU Desa Lumpang.

Kedua, di dekat AfaMidi Cilangkap arah menuju Tenjo. Ketiga, merupakan Pospam hasil kerja sama dengan Polsek Parungpanjang di dekat bangunan kantor PDAM setempat.

"Kenapa pos sekat sangat dibutuhkan dan perannya sangat vital? Tujuannya, karena rata-rata yang di kantung parkir ini tanda petik beberapa oknum sopir belum memahami (aturan jam operasional)," ungkap Mustakim.

Untuk merealisasikan penambahan Pospam ini, Dinas Prhubungan Kabupaten Bogor memaksimalkan jumlah personel yang ada dengan memberlakukan jam lembur.

"Karena ada kantung parkir swadaya ini inisiasi kami mengambil kebijakan dengan mengevaluasi ditambah pengamanan malam dari jam pukul 19.00 WIB sampai 21.20 WIB," tuturnya.

Ia menerangkan, langkah ini juga untuk mengimbangi banyaknya kantung parkir swadaya yang jumlahnya mencapai 30 titik di sepanjang Jalur Parungpanjang. Keberadaan kantung parkir swadaya ini membuat operasional truk tambang sulit dikontrol jika hanya mengandalkan dua Pospam.

Dishub Kabupaten Bogor memperbanyak posko pengamanan (Pospam) di Jalur Parungpanjang untuk mengawasi para sopir truk atau angkutan khusus tambang.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News