Gerakan Pasar Murah Jadi Salah Satu Kunci Pemkot Bogor Tekan Angka Inflasi

Minggu, 23 Juni 2024 – 07:30 WIB
Gerakan Pasar Murah Jadi Salah Satu Kunci Pemkot Bogor Tekan Angka Inflasi - JPNN.com Jabar
Potret pelaksanaan pasar murah atau bazar pangan murah yang digelar Pemkot Bogor. Foto: Dok Pemkot Bogor.

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Sebagai upaya pengendalian inflasi, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor terus melakukan kegiatan-kegiatan operasional pengendalian inflasi untuk menjaga keseimbangan kemampuan masyarakat untuk membeli kebutuhan bahan pokok.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan pada Sekretariat Daerah Kota Bogor, Hanafi mengatakan pengendalian inflasi sudah menjadi prioritas utama bagi pemerintah pusat dan juga Pemkot Bogor.

Hal itu dibuktikan dengan rapat tingkat nasional yang digelar secara daring setiap Senin.

“Inflasi kami kan sekarang 2,9 persen, cukup bagus lah cukup baik. Secara berjenjang, harus dilakukan oleh pemda (pemerintah daerah). Pemda tidak hanya melakukan rapat inflasi tetapi juga melakukan tindakan operasional,” katanya.

Data dari BPS yang dikeluarkan bulan ini menyebutkan, pada Mei 2024 terjadi inflasi year on year (y-on-y) Kota Bogor sebesar 2,90 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 106,82.

Inflasi y-on-y terjadi karena adanya kenaikan harga yang ditunjukkan oleh naiknya indeks di seluruh kelompok pengeluaran, yaitu Kelompok Makanan, Minuman, dan Tembakau sebesar 6,03 persen; Kelompok Pakaian dan Alas Kaki sebesar 1,95 persen; Kelompok Perumahan, Air, Listrik, dan Bahan Bakar Rumah Tangga sebesar 2,05 persen; Kelompok Perlengkapan, Peralatan, dan Pemeliharaan Rutin Rumah Tangga sebesar 0,10 persen.

Sementara Kelompok Kesehatan sebesar 1,26 persen; Kelompok Transportasi sebesar 1,78 persen; Kelompok Informasi, Komunikasi, dan Jasa Keuangan sebesar 0,48 persen; Kelompok Rekreasi, Olahraga dan Budaya sebesar 0,44 persen; Kelompok Pendidikan sebesar 0,82 persen; Kelompok Penyediaan Makanan dan Minuman/Restoran sebesar 0,59 persen; dan Kelompok Perawatan Pribadi dan Jasa lainnya sebesar 8,18 persen.

Gerakan Pasar Murah

Hanafi mengatakan Pemkot Bogor berkoordinasi dengan pihak lain untuk memasok bahan pokok, dalam Gerakan Pasar Murah (GPM) yang dilakukan berkeliling ke 68 kelurahan se-Kota Bogor.

Sebagai upaya pengendalian inflasi, Pemkot Bogor terus melakukan kegiatan-kegiatan operasional pengendalian inflasi salah satunya lewat Gerakan Pasar Murah
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News