Menjadi Penyumbang Terbanyak Kasus TBC di Indonesia, Ini yang Dilakukan Pemkab Bogor

Kamis, 24 Maret 2022 – 18:50 WIB
Menjadi Penyumbang Terbanyak Kasus TBC di Indonesia, Ini yang Dilakukan Pemkab Bogor - JPNN.com Jabar
Yayasan Akses Sehat Indonesia bersama Pemkab Bogor, saat mengadakan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat soal penanganan pasien TBC di Puslitbang Bogor. Foto: Dokumen Pribadi.

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Memperingati Hari Tuberkulosis (TBC) Sedunia, Yayasan Akses Sehat Indonesia mengadakan sosialisasi dan edukasi di Puslitbang Bogor, Kamis (24/3).

Acara yang mengusung tema “Sinergi Multipihak untuk Eliminasi TBC” itu diikuti oleh Sub Recipient (SR) Jawa Barat dan kader se-Kabupaten Bogor.

Manajer SR Provinsi Jawa Barat Bambang Eko mengatakan kegiatan ini dilakukan untuk mengkoordinasikan semua pihak yang terlibat dalam penanggulangan TBC di Kabupaten Bogor.

Seperti diketahui, Kabupaten Bogor menempati peringkat pertama dengan kasus TBC terbanyak di Jawa Barat.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, pada 2021 terdapat 15.074 kasus TB di Kabupaten Bogor.

“Salah satu masalah peningkatnya kasus yaitu kurangnya kerja sama, dengan koordinasi antara Dinas Kesehatan, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), dan koordinator kader dari Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) atau rumah sakit,” ucapnya, Kamis (24/3).

Dengan kerja sama yang dilakukan, dirinya berharap angka kesembuhan pasien TBC bisa semakin meningkat.

“Dengan koordinassi dan kerja sama, diharapkan program TBC yang telah direncanakan dapat terealisasi,” tuturnya.

Memperingati Hari Tuberkulosis Sedunia, Yayasan Akses Sehat Indonesia bersama Pemkab Bogor menggelar sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang TBC.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News