Buka Potensi Baru dari Kabupaten Bogor, Ade Wardhana Siap Ekspor Sekam Bakar ke Belanda

Rabu, 05 Juni 2024 – 10:00 WIB
Buka Potensi Baru dari Kabupaten Bogor, Ade Wardhana Siap Ekspor Sekam Bakar ke Belanda - JPNN.com Jabar
Ade Wardhana saat bertemu dengan rekan-rekan bisnisnya untuk persiapan melakukan ekspor sekam bakar. Foto: Source for JPNN

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Sekam bakar ternyata bisa menjadi peluang ekspor yang sangat potensial. Komoditas tersebut menjadi ekspansi baru yang akan digarap eskportir Bogor, Ade Wardhana.

Ade Wardhana Adinata membebarkan potensi pasar dari sekam bakar itu mulai terlihat di mancanegara. Peluang itu muncul saat Ade bertemu dengan rekan-rekan bisnisnya di Jerman.

"Waktu itu mereka membahas mengenai larangan cocopeat, yang akan dilarang oleh Uni Eropa. Banyak yang beralih ke media tanam lain, kemudian saya tawarkan diganti pakai sekam bakar," kata Ade dalam keterangan resminya kepada JPNN.com pada Rabu (5/6).

Mereka pun meminta Ade untuk mengirimkan sampel sekam bakar. Setelah dikirimkan dan diuji laboratorium, ternyata hasilnya sangat bagus.

Ade membeberkan ekspor perdana bakal menyasar Belanda. Sebanyak 20 feet kontainer (setara 14 ton) bakal dikirim untuk pertama kalinya pekan depan.

Kendati demikian, ekspor komoditas media tanam itu harus terus berkelanjutan. Oleh karena itulah, Ade memproyeksikan produksi sekam bakar dari Kabupaten Bogor.

"Kami sedang cari untuk okasi produksi di Kabupaten Bogor yang bisa dikerjakan oleh warga satu desa. Tentunya yang ada produksi padinya sebagai bahan baku. Mungkin di wilayah Timur Bogor," ungkap lelaki yang juga bakal mencalonkan diri sebagai Bupati Bogor ini.

Hal serupa juga bakal digenjot Ade Wardhana jika dirinya terpilih menjadi Bupati Bogor. Eksportir Bogor ini terus menggali potensi ekonomi dari Bumi Tegar Beriman.

Ade Wardhana siap ekspor sekam bakar seberat 20 feet kontainer atau setara 14 ton ke Belanda sebagai objek media tanam baru
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News