Lewat Aplikasi Siapdate Pemkot Sukabumi Fokus Penanganan Stunting

Jumat, 31 Mei 2024 – 21:45 WIB
Lewat Aplikasi Siapdate Pemkot Sukabumi Fokus Penanganan Stunting - JPNN.com Jabar
Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji saat meluncurkan aplikasi Siapdate yang merupakan inovasi Pemkot Sukabumi dalam upaya percepatan penanganan stunting di Kota Sukabumi, Jabar. ANTARA/HO/Dokpim Pemkot Sukabumi

jabar.jpnn.com, SUKABUMI - Mencegah timbulnya kasus baru sekaligus mempercepat penanganan stunting di Kota Sukabumi, Pemerintah Kota Sukabumi meluncurkan aplikasi Sistem Data Stunting Terintegrasi (Siapdate), Jumat (31/5).

"Aplikasi ini merupakan inovasi yang mengintegrasikan data balita, data keluarga berisiko, data ketersediaan bantuan sosial dan data geospasial balita stunting," kata Penjabat (Pj) Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji.

Sehingga dengan adanya aplikasi ini dapat mempermudah Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kota Sukabumi dalam upaya menangani kasus stunting dan mencegah timbulnya kasus baru.

Menurut Kusmana, peluncuran aplikasi Siapdate ini merupakan langkah penting untuk memastikan terjadinya integrasi pelaksanaan intervensi penurunan prevalensi stunting di Kota Sukabumi yang saat ini angkanya berada di 19,2 persen.

Selain itu, dengan adanya aplikasi tersebut berbagai penanganan dan intervensi penyaluran bantuan dapat dilaksanakan bersama-sama antara perangkat daerah sebagai penanggung jawab layanan dengan lembaga non pemerintah maupun masyarakat.

Pihaknya optimistis, melalui inovasi ini prevalensi stunting bisa turun minimal di angka 14 persen sesuai target pemerintah di 2024.

Pihaknya juga meminta seluruh perangkat daerah dan pemangku kepentingan terkait untuk berpartisipasi aktif dan menyukseskan kegiatan ini sebagai salah bentuk dukungan intervensi dalam pencegahan stunting.

Dengan melakukan strategi seperti pemantauan tumbuh kembang dan kondisi kesehatan balita, pemberian makanan tambahan berbahan pangan lokal dengan sasaran ibu hamil kekurangan energi kronis (KEK) dan beresiko KEK serta balita kurus.

Pemerintah Kota Sukabumi meluncurkan aplikasi Sistem Data Stunting Terintegrasi (Siapdate) untuk penanganan kasus stunting di Kota Sukabumi
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News