Menjelang Hari Raya Iduladha DKP3 Sukabumi Tingkatkan Pengawasan Peredaran Hewan Kurban

Jumat, 31 Mei 2024 – 09:00 WIB
Menjelang Hari Raya Iduladha DKP3 Sukabumi Tingkatkan Pengawasan Peredaran Hewan Kurban - JPNN.com Jabar
Ilustrasi hewan kurban. Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, SUKABUMI - Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Sukabumi meningkatkan pengawasan peredaran hewan kurban dengan melakukan pemantauan di lapak penjualan maupun peternakan menjelang Hari Raya Iduladha 1445 Hijriyah.

"Sudah 150 lokasi yang menyediakan hewan kurban seperti lapak maupun peternakan yang kami pantau untuk memastikan kesehatan dan kelayakan hewan kurban," kata Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan DKP3 Kota Sukabumi, Riki Barata.

Menurut Riki, pengawasan yang dilakukan ini melibatkan 33 kader, sukarelawan Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia cabang Jabar VI dan relawan paramedis veteriner cabang Jabar.

Pengawasan ini bertujuan untuk memastikan tidak ada hewan kurban yang tidak layak baik dari sisi usia, kondisi tubuh dan kesehatan serta harus sesuai dengan syariat Islam.

"Meskipun belum ditemukan adanya hewan kurban yang tidak layak untuk dikurbankan atau konsumsi, pengawasan akan terus dilakukan hingga selesai perayaan Hari Raya Iduladha," ujarnya.

Ia mengatakan bahwa setiap hewan kurban yang telah lolos pemeriksaan kesehatan diberikan surat tanda pemeriksaan kesehatan atau bila diperlukan pihaknya akan menerbitkan surat keterangan kesehatan hewan.

Selain itu, pihaknya juga memberikan sosialisasi serta edukasi kepada penjual maupun peternak hewan kurban untuk mengantisipasi masuknya hewan kurban dari uar daerah yang terjangkit penyakit kuku dan mulut (PMK) dan penyakit lainnya yang bisa berdampak kepada kesehatan manusia.

Jika ditemukan adanya tanda-tanda atau gejala hewan kurban terserang PMK atau penyakit mematikan lain untuk segera dikarantina dan dijauhkan dari hewan lainnya serta menghubungi dokter hewan atau DKP3 Kota Sukabumi untuk diberikan pengobatan.

DKP3 Kota Sukabumi meningkatkan pengawasan peredaran hewan kurban dengan melakukan pemantauan di lapak penjualan maupun peternakan
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News