Mengenang Peristiwa Bandung Lautan Api Melalui 10 Stilasi Bersejarah

Rabu, 23 Maret 2022 – 14:50 WIB
Mengenang Peristiwa Bandung Lautan Api Melalui 10 Stilasi Bersejarah - JPNN.com Jabar
Salah satu stilasi Bandung Lautan Api di depan Gedung Asuransi Jiswasraya di Jalan Asia-Afrika di seberang Masjid Raya Jawa Barat. (Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com)

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Peristiwa Bandunag Lautan Api yang terjadi 76 tahun silam atau 24 Maret 1946 merupakan momen bersejarah bagi rakyat Indonesia, khususnya Kota Bandung. Saat itu, masayarakat memilih untuk membumihanguskan rumahnya, ketimbang menyerahkannya kepada militer sekutu.

Sebagai bentuk penghormatan terhadap perjuangan para pahlawan dan warga Bandung, dibuatlah monumenn Bandung Lautan Api (BLA) di Lapangan Tegalega. Selain itu, Kota Bandung juga memiliki 10 bukti atau stilasi yang tersebar di 10 titik.

Dikutip dari laman resmi Humas Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung, stilasi-stilasi tersebut terpasang di tempat-tempat penuh sejarah yang menjadi saksi bisu perjuangan rakyat Bandung mempertahankan wilayahnya. Mulai dari tempat pertama kalinya pembacaan proklamasi oleh rakyat Bandung, lokasi peristiwa perobekan bendera Belanda mau pun markas para pejuang Bandung Lautan Api.

Berikut 10 stilasi Bandung Lautan Api :

1. Jalan Ir H Juanda – Sultan Agung

Stilasi berada di depan gedung bekas kantor berita Jepang, Domei yang sudah ada sejak tahun 1937. Menurut catatan sejarah, di kantor berita ini lah untuk pertama kalinya teks proklamasi dibaca oleh rakyat Bandung.

Saat ini, bangunan tersebut masih ada dan dijadikan sebagai Kantor Bank BTPN.

2. Jalan Braga

Peristiwa Bandung Lautan Api menjadi momen bersejarah bagi rakyat Indonesia, termasuk warga Bandung. Terdapat 10 stilasi Bandung Lautan Api yang dipasang.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News