Sekda Jabar Ingatkan OPD Jaga Stok 12 Bapok Menjelang Ramadan

Rabu, 23 Maret 2022 – 14:37 WIB
Sekda Jabar Ingatkan OPD Jaga Stok 12 Bapok Menjelang Ramadan - JPNN.com Jabar
Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Barat Setiawan Wangsaatmadja di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Bandung. (Foto: Biro Adpim Jabar)

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Barat Setiawan Wangsaatmadja mengingatkan organisasi perangkat daerah (OPD) untuk menjaga stok ketersediaan 12 bahan pokok menjelang Ramadan dan Idul Fitri 2022.

Berdasarkan hasil Prediksi Neraca Pangan Provinsi Jawa Barat peridoe Maret – Mei 2022 dari data Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Jawa Barat, ada 12 bahan pokok yang menjadi penting dan harus diawasi. Bahan pokok itu di antaranya beras, jagung, kedelai, minyak goreng, gula pasir, bawang merah, bawang putih, cabai besar, cabai rawit, daging sapi, daging ayam, dan telur.

“Nah itu yang harus kami pantau 12 bahan pokok pangan. Kepala Dinas KPP menjelaskan, sampai Idul Fitri dua bahan pokok yang harus benar-benar kami awasi, yakni cabai rawit dan gula,” kata Setiawan dalam keterangan resminya, Rabu (23/3).

Setiawan sendiri sempat menghadiri Rapat Koordinasi Penanganan Ketersediaanm Stabilisasi Harga dan Distribusi Barang Kebutuhan Pokok di Gedung Sate, pada Selasa (22/3) kemarin.

Menurut Setiawan, pelaksanaan rakor tersebut merupakan tindak lanjut dari rapat penanganan pangan yang dipimpin oleh tiga menteri, yaitu Menteri Dalam Negeri, Menteri Perdagangan dan Menteri Pertanian, serta Kepala Badan Katahanan Pangan Nasional.

“Pada intinya kami melihat perkembangan akhir-akhir ini dipandang perlu mepersiapkan dengan sangat serius menghadapi bulan Ramadan dan Idul Fitri,” jelasnya.

Ia berharap, melalui rakor ini menjadi upaya untuk menjaga ketersediaan pasokan bapok, stabilitas harga, keamanan dan kelancaran distribusi, serta terkait pengawasan dan penegakan hukum terhadap stabilisasi harga, mau pun distribusi bapok.

Setiawan juga mengimbau OPD terkait penanganan pangan di Jabar agar terintegrasi dalam saru aplikasi. Hal ini untuk memudahkan dalam monitoring dan evaluasi, serta pengambilan kebijakan yang akurat.

Sekda Jabar Setiawan Wangsaatmadja ingatkan OPD untuk menjaga kestabilan bapok menjelang Ramadan. Ada 12 bapok prioritas yang dipantau ketersediaannya.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News