Disdik Kota Cimahi Pertimbangkan Hasil Ramp Check Kendaraan Study Tour Siswa

Senin, 13 Mei 2024 – 16:50 WIB
Disdik Kota Cimahi Pertimbangkan Hasil Ramp Check Kendaraan Study Tour Siswa - JPNN.com Jabar
Kondisi bangkai bus Trans Putera Fajar yang mengalami kecelakaan di Jalan Raya Ciater, Kabupaten Subang, Minggu (12/5). Foto: Nur Fidhiah Shabrina/jpnn.com

jabar.jpnn.com, CIMAHI - Dinas Pendidikan Kota Cimahi mempertimbangkan hasil ramp check sebagai syarat kendaraan bus yang akan digunakan dalam kegiatan study tour atau outing siswa.

Ramp check atau pemeriksaan kelaikan bus ini dilakukan dengan menggandeng Dinas Perhubungan (dishub).

Sekretaris Disdik Kota Cimahi Heni Tishaeni mengatakan, ramp check bagi bus yang akan digunakan siswa untuk kegiatan outing dilakukan guna mencegah terjadinya kecelakaan seperti yang terjadi pada rombongan siswa SMK Lingga Kencana Depok di Jalan Raya Ciater, Kabupaten Subang.

"Itu bisa dipertimbangkan (ramp check) mungkin bisa jadi bahasan, jadi harus kendaraan laik jalan. Kalau gak laik gak bisa pergi," kata Heni saat dihubungi, Senin (13/5).

Heni mengatakan, insiden tersebut tentunya menjadi perhatian pihaknya. Disdik Kota Cimahi  sudah menerima surat edaran dari Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin terkait pelaksanaan study tour usai insiden yang merenggut nyawa siswa di Subang.

"Termasuk itu kan jadi pelajaran, cek kondisi kendaraan. Sebetulnya, dari internalnya mah aman, tapi dari sekolah kan gak tahu harus ngecek busnya seperti apa, izin busnya seperti apa," ujar Heni.

Ia mengatakan, secepatnya pihaknya akan melakukan pembahasan lagi terkait perizinan pelaksanaan study tour. Bekerja sama dengan dishub untuk melakukan ramp check, kata Heni, akan menjadi bahan pembahasan pihaknya.

“Tapi, sebelum-sebelumnya kami yang sudah pergi yang kami izinkan itu memang ketat izinnya. Mulai dari orang tua, kesepakatan antara komite dengan sekolah. Kami minta menyertakan surat pernyataan persetujuan orang tua untuk setiap anak yang akan pergi," ucap dia.

Disdik Kota Cimahi mempertimbangkan hasil ramp check sebagai syarat kendaraan bus yang akan digunakan dalam kegiatan study tour atau outing siswa.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News