Cegah Praktik Kecurangan di Jalur Mudik, Sejumlah SPBU Disidak Pemkab Karawang

Kamis, 28 Maret 2024 – 09:00 WIB
Cegah Praktik Kecurangan di Jalur Mudik, Sejumlah SPBU Disidak Pemkab Karawang - JPNN.com Jabar
Ilustrasi SPBU. Foto: Pertamina

jabar.jpnn.com, KARAWANG - Bupati Karawang Aep Syaepuloh bersama Kejaksaan Negeri dan Polres Kabupaten Karawang melakukan inspeksi mendadak ke sejumlah stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di jalur mudik untuk mengantisipasi praktik kecurangan.

"Melalui kegiatan ini kami ingin memastikan bahwa SPBU di wilayah Karawang tidak semuanya berbuat curang," kata bupati.

Kegiatan pengecekan SPBU di jalur mudik jalan arteri Karawang ini digelar menyusul ditemukannya praktik curang SPBU di Rest Area KM 42 Tol Jakarta-Cikampek, oleh Kementerian Perdagangan, beberapa waktu lalu.

Ia menyampaikan bahwa temuan itu cukup meresahkan masyarakat. Sehingga perlu dilakukan peninjauan ke lokasi untuk memastikan tidak terjadi praktik yang sama di SPBU jalan arteri Karawang.

Dalam kegiatan itu, bupati beserta rombongan mendatangi satu per satu SPBU di wilayah Karawang, khususnya di jalur arteri yang digunakan sebagai jalur mudik Lebaran.

Di antaranya dengan mendatangi dua SPBU di jalan raya Surotokunto. Dari hasil pengujian menunjukkan batas yang masih ditoleransi. Justru, ada mesin dispenser untuk bahan bakar nonsubsidi Pertamax yang kelebihan 30 mililiter dalam 20 liter pengujian.

"Alhamdulillah dari dua SPBU di Rawagabus ini bagus. Meski ada yang masih menggunakan mesin tua, tali masih layak dan tidak ada kecurangan," kata bupati.

Pengecekan selanjutnya ke sejumlah SPBU di jalur Pantura wilayah Purwasari dan Dawuan. Di dia SPBU itu juga yak ditemukan kecurangan.

Pemkab Karawang melakukan inspeksi mendadak ke sejumlah stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di jalur mudik untuk mengantisipasi praktik kecurangan.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News