Polisi Periksa Pengepul Limbah Jeriken Sabun yang Sebabkan Sungai Ciliwung Berbusa

Selasa, 26 Maret 2024 – 07:00 WIB
Polisi Periksa Pengepul Limbah Jeriken Sabun yang Sebabkan Sungai Ciliwung Berbusa - JPNN.com Jabar
Kasat Reskrim Polresta Bogor Kota, Kompol Lutfhi Olot Gigantara. Foto: Yogi Faisal/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Polresta Bogor Kota melakukan pemeriksaan terhadap M (49 tahun), pria pengepul limbah plastik yang menyebabkan aliran Sungai Ciliwung di Kelurahan Kedung Halang berbusa.

Kasat Reserse Kriminal Polresta Bogor Kota, Kompol Lutfi Olot Gigantara mengatakan dari hasil pemeriksaan sementara pria itu mengakui bahwa ia mendapatkan limbah plastik seperti gentong, kaleng, dan jeriken dari pengusaha industri rumahan sabun.

“Dia mengakui bahwa dia memperoleh jeriken yang ada isi sabun itu dari pengusaha home industry sabun,” kata Lutfi.

Selain memeriksa M yang masih berstatus saksi, Lutfi menyebut ada dua orang warga sekitar yang juga diperiksa oleh kepolisian.

Menurut Lutfi, dua orang ini tidak pernah melihat adanya busa di aliran sungai. Hanya saja, dua warga tersebut melihat M sering beraktivitas di bibir sungai.

“Dua orang ini adalah orang yang ada di sekitar sana. Dari penjelasannya memang menyaksikan bahwa yang bersangkutan ini memang melakukan usaha seperti ini, tetapi tidak pernah melihat adanya busa,” jelasnya.

Lutfi menjelaskan benar memang M kerap mencuci limbah plastik di aliran sungai.

Diperkirakan, saat mencuci limbah plastik dari industri rumahan sabun, cairan kimia yang masih tersisa terbawa aliran sungai dan menyebabkan timbulnya busa.

Polresta Bogor Kota memeriksa M (49 tahun), pria pengepul limbah plastik yang menyebabkan aliran Sungai Ciliwung di Kelurahan Kedung Halang berbusa.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News