Rudy Susmanto Minta Pemkab Bogor Pastikan Stok Beras Aman Menjelang Lebaran

Jumat, 22 Maret 2024 – 17:45 WIB
Rudy Susmanto Minta Pemkab Bogor Pastikan Stok Beras Aman Menjelang Lebaran - JPNN.com Jabar
Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto. Foto: Source for JPNN.com

jabar.jpnn.com, BOGOR - Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto mengingatkan pemerintah daerah setempat untuk memastikan ketersediaan beras menjelang hari raya Idulfitri 1445 Hijriah.

"Kita harus memastikan stoknya cukup dan harganya wajar," kata Rudy.

Ia menjelaskan menjelang idulfitri akan terjadi lonjakan permintaan beras di pasaran. Menurut dia, hal itu berkaitan juga dengan kewajiban zakat fitrah bagi umat Islam.

Karena, meskipun zakat fitrah bisa dikonversi dengan bentuk uang, namun sebagian umat Islam di Bumi Tegar Beriman merasa lebih afdol menunaikan zakat fitrah dengan beras berkualitas setara yang mereka konsumsi sehari-hari.

Rudy juga menyarankan agar Pemerintah Kabupaten Bogor berkoordinasi dengan Badan Urusan Logistik (Bulog) dan daerah-daerah tetangga penghasil beras, mengingat beberapa daerah akan memasuki masa panen raya pada bulan ini.

"Intinya pemerintah harus menghitung dengan cermat agar masyarakat tidak kesulitan mencari beras di pasaran, terutama untuk kebutuhan zakat fitrah dalam beberapa hari ke depan ini," ujarnya.

Sementara, Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Bogor Asep Mulyana menjelaskan bahwa saat ini cadangan beras Kabupaten Bogor tersisa 361 ton, namun jumlah ini dianggap cukup untuk mengantisipasi kerawanan pangan.

"Kita masih punya cadangan beras di Bulog. Untuk penanganan kerawanan pangan tersisa 361 ton," ungkap Asep.

Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto mengingatkan pemerintah daerah setempat untuk memastikan ketersediaan beras menjelang lebaran.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News