Menyelisik Potensi Kampung Durian Kota Bogor

Kamis, 17 Maret 2022 – 15:50 WIB
Menyelisik Potensi Kampung Durian Kota Bogor - JPNN.com Jabar
Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto saat meresmikan Kampung Durian, di Dusun Legok Petir, RT01, RW09, Kelurahan Rancamaya, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor. Foto: Dok Pemkot Bogor

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor meresmikan Kampung Durian di Dusun Legok Petir, RT01, RW09, Kelurahan Rancamaya, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor.

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengatakan sejak dahulu Rancamaya Kota Bogor memang sudah dikenal sebagai salah satu wilayah penghasil durian terbaik di Kota Bogor.

"Melalui Kampung Durian ini, kami ingin agar identitas Rancamaya sebagai salah satu daerah penghasil durian terbaik di Kota Bogor kembali dikenal di kalangan masyarakat luas," ujarnya, Rabu (16/3).

Bima Arya berpesan kepada pihak pengelola agar benar-benar menjaga kualitas durian Rancamaya, dibarengi dengan pengelolaannya yang profesional serta senantiasa menghadirkan nuansa seni budaya khas Sunda.

"Dengan begitu, saya yakin Rancamaya tidak hanya dikenal sebagai kampung durian saja, tetapi juga akan dikenal sebagai lokasi wisata budaya yang akan berdampak pada perekonomian warga sekitar," pesannya.

Orang nomor satu di Kota Bogor itu juga berpesan kepada dinas terkait untuk benar-benar memberikan pembinaan dan pendampingan dalam mengambangkan Kampung Durian ini.

Kepala DKPP Kota Bogor Anas S Rasmana mengatakan jenis durian yang ditanam salah satunya adalah khas Rancamaya yaitu varian matahari. Ada juga varian musang king, matahari dan duri hitam.

Anas menjelaskan selama enam bulan ke belakang tepatnya Oktober 2021, bibit pohon durian yang sudah ditanam berjumlah 2.700 dari target 3.500 pohon.

Pemkot Bogor meresmikan Kampung Durian di Dusun Legok Petir, RT01, RW09, Kelurahan Rancamaya, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News