Menjelang Ramadan, Polda Jabar Gelar Operasi Keselamatan Lodaya 2024

Sabtu, 02 Maret 2024 – 16:00 WIB
Menjelang Ramadan, Polda Jabar Gelar Operasi Keselamatan Lodaya 2024 - JPNN.com Jabar
Apel gelar pasukan Operasi Keselamatan Lodaya 2024 di Mapolda Jawa Barat, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung. Foto: Nur Fidhiah Shabrina/jpnn.com

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat (Jabar) bersama polres kewilayahan menggelar Operasi Keselamatan Lodaya 2024 di 27 kota/kabupaten. Razia kendaraan itu akan berlangsung sejak tanggal 4 hingga 12 Maret 2024.

Operasi itu akan menyasar pengendara motor yang memakai knalpot bising hingga mobil yang menyalahi aturan penggunaan lampu strobo atau rotator. 

"Kendaraan pribadi yang menggunakan sirine, rotator, atau strobo yang bukan pada peruntukannya," kata Kabid Humas Polda Jabar Kombes Jules A Abast didampingi Dirlantas Polda Jabar Kombes Pol Wibowo seusai kegiatan apel gelar pasukan di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Sabtu (2/3). 

Selain itu, kata Jules, operasi juga akan menyasar kendaraan yang bentuknya telah diubah sehingga tak sesuai pabrikan, serta pengguna kendaraan bermotor yang tidak menggunakan helm standar di jalan. 

"Lalu, penggunaan helm SNI baik untuk pengendara roda dua ataupun yang dibonceng," ucap dia.

Jules menambahkan, kegiatan operasi tersebut bakal mengedepankan tindakan simpatik dan humanis. Total, terdapat 2.600 personel yang akan dikerahkan dalam kegiatan operasi. 

"Tentu mengedepankan giat preventif 40 persen, giat preentif 40 persen dan giat penegakan hukum 20 persen yaitu dengan menggunakan ETLE statis dan mobile serta blanko teguran," jelasnya. 

Melalui operasi tersebut, Jules berharap kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas bisa meningkat dan angka kecelakaan lalu lintas menurun. 

Polda Jabar bersama polres kewilayahan menggelar Operasi Keselamatan Lodaya 2024 serentak di seluruh wilayah.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News