Bapenda Jabar Sambut Baik Wacana Daerah Lain Mereplikasi Samsat Digital

Sabtu, 24 Februari 2024 – 15:00 WIB
Bapenda Jabar Sambut Baik Wacana Daerah Lain Mereplikasi Samsat Digital - JPNN.com Jabar
Kakorlntas Polri Irjen Pol Aan Suhanan didampingi Kepala Bapenda Jabar Dedi Taufik saat meninjau Samsat Digital di Terminal Leuwipanjang, Kota Bandung. Foto: sources for jpnn

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Jawa Barat menyambut baik apabila ada daerah yang ingin mereplikasi Samsat Digital.

Hal itu setelah Samsat Digital mendapatkan respons positif dari pemerintah pusat, salah satunya Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Aan Suhanan.

Kepala Bapenda Jabar Dedi Taufik mengatakan, program ini sesuai dengan percepatan dan perluasan digitalisasi daerah yang diinisiasi oleh Kemenko Perekonomian dan Bank Indonesia.

Menurutnya, Bapenda Jabar akan terus mengembangkan dan mereplikasi layanan Samsat Digital ini di seluruh Samsat di Kabupaten/Kota secara bertahap agar seluruh penduduk Jawa Barat dapat menikmati kemudahan dalam membayar pajak kendaraan.

Selain di dalam provinsi, beberapa daerah lain pun sudah melirik program ini yaitu, di antaranya, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan (Sumsel), dan Bali. 

“Respon dari daerah lain banyak yang tertarik dan alhamdulillah menjadi percontohan atau rujukan nasional dalam layanan pembayaran pajak kendaraan bermotor. Kami dari Pemprov Jawa Barat sangat terbuka jika ada daerah lain yang ingin mereplikasi,” kata Dedi, Sabtu (24/2).

Dedi menuturkan, untuk pajak tahunan pemilik kendaraan cukup membawa e-KTP asli. Sementara untuk pengendara yang hendak membayar pajak lima tahunan harus ada syarat tambahan yaitu BPKB asli stnk asli, kendaraan didatangkan secara langsung.

"Untuk pelayanan yang pajak lima tahun hanya di hari kerja, sedangkan pajak tahunan kita buka juga di hari Sabtu dari pagi hingga siang," ujarnya.

Bapenda Jabar terbuka bila ada daerah yang ingin mereplikasi Samsat Digital.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News