4 Warga Kabupaten Bogor Meninggal Dunia Gegara DBD

Jumat, 23 Februari 2024 – 08:00 WIB
4 Warga Kabupaten Bogor Meninggal Dunia Gegara DBD - JPNN.com Jabar
Nyamuk Aedes Aegepty penyebar demam berdarah. Foto: Health

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor mengimbau warganya untuk mewaspadai penyakit Demam Berdarah Dengue atau DBD yang mulai marak di sejumlah wilayah.

"Demam berdarah sudah mulai menyerang masyarakat di sejumlah daerah, termasuk Kabupaten Bogor. Maka penting bagi warga untuk waspada," ungkap Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kabupaten Bogor Adang Mulyana.

Ia pun meminta warga agar menerapkan pola 3M plus untuk mencegah penyakit demam berdarah, yaitu dengan menguras bak mandi, menutup tempat penampungan air, mengubur dan mendaur ulang barang bekas tidak terpakai yang menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk Aedes Aegypti.

Menurut dia, kasus demam berdarah di Kabupaten Bogor cukup memprihatinkan. Selama tahun 2023 bahkan menyebabkan empat orang meninggal dunia. Saat itu penyakit demam berdarah di Kabupaten Bogor mencapai 1.555 kasus.

Meski begitu,  kata dia, angka kasus demam berdarah di Kabupaten Bogor tercatat menurun, jika dibandingkan dengan tahun 2021 yang mencapai 2.220 kasus dan tahun 2022 sebanyak 1.954 kasus.

"Untuk jumlah meninggalnya di dua tahun ke belakang itu lebih banyak. Seperti 2021 itu tercatat 22 orang meninggal dan 2022 itu 14 orang meninggal dunia," katanya.

Adang juga menjelaskan potensi peningkatan kasus DBD justru sering terjadi di bulan-bulan penghujan dan wilayah Kabupaten Bogor memiliki potensi tersebut.

"Kalau kita lihat trennya itu Oktober, November, Desember, hingga Maret itu tinggi dan turun lagi di April. Mudah-mudahan kasusnya terus berkurang ya,” kata Adang. (antara/jpnn)

Dinkes Kabupaten Bogor mengimbau warganya untuk mewaspadai penyakit Demam Berdarah Dengue atau DBD yang mulai marak di sejumlah wilayah.

Redaktur & Reporter : Yogi Faisal

Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News