Pemkab Purwakarta Mulai Melirik Melon Sebagai Salah Satu Produk Unggulan

Senin, 19 Februari 2024 – 07:00 WIB
Pemkab Purwakarta Mulai Melirik Melon Sebagai Salah Satu Produk Unggulan - JPNN.com Jabar
Penjabat Bupati Purwakarta Benni Irwan saat panen buah melon. (ANTARA/HO-Pemkab Purwakarta)

jabar.jpnn.com, PURWAKARTA - Penjabat Bupati Purwakarta Benni Irwan menyebutkan bahwa buah melon berpotensi menjadi salah satu produk unggulan pertanian di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

"Beberapa hari lalu, kami bersama PT Sweet Greens Indonesia panen raya buah melon di Desa Cijunti, Kecamatan Campaka," kata Benni Irwan.

Ia mengatakan bahwa produksi melon yang digarap perusahaan itu dua kali panen dalam satu bulan.

Sedangkan target produksinya mencapai sekitar 8 ton dalam sebulan. Jad,i targetnya itu dalam sebulan dua kali panen yang setiap panennya mencapai 4 ton.

Disebutkan bahwa melon di perkebunan Desa Cijunti itu diklaim memiliki keistimewaan. Meski ukuran fisik melonnya kecil, tapi isinya lebih padat dan rasanya manis.

Benni menyampaikan kalau pihaknya mengapresiasi dan mendorong untuk perkembangan pertanian. Diharapkan melon akan menjadi produk pertanian unggulan di Purwakarta setelah komoditi manggis.

"Kualitas melon di sini sangat luar biasa, mulai dari cara penanaman hingga pasca panen yang sangat terjaga. Perusahaan ini memilih dan mengatur media tanam maupun pupuknya dengan baik, begitu juga cara pengaturan airnya, pengendalian hamanya, panennya, sampai nanti ke pengepakan sangat luar biasa sudah menggunakan teknologi," kata Benni.

Ke depan, baik secara kualitas maupun kuantitas dan kontinuitasnya dapat terpenuhi oleh perusahaan swasra itu untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, baik lokal maupun regional di Indonesia.

Penjabat Bupati Purwakarta Benni Irwan menyebutkan bahwa buah melon berpotensi menjadi salah satu produk unggulan pertanian di Kabupaten Purwakarta.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News