Pemprov Jabar Luncurkan Pusat Pelayanan Publik Terpadu

Selasa, 13 Februari 2024 – 13:45 WIB
Pemprov Jabar Luncurkan Pusat Pelayanan Publik Terpadu - JPNN.com Jabar
Kepala Dinas PMPTSP Pemprov Jabar, Nining Yulistiani. Foto: Ridwan Abdul Malik/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG BARAT - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) terus melakukan upaya perbaikan dalam hal pelayanan publik. Kali ini, melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Jabar meluncurkan Pusat Pelayanan Publik Terpadu (P3T).

Adapun P3T ini diluncurkan untuk melengkapi mal pelayan publik yang telah hadir di sejumlah Kabupaten dan Kota Jawa Barat.

Selain itu, P3T juga bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dalam hal mengurus perizinan. Di antaranya, sertifikasi halal, HAKI, hingga izin edar dari BPOM.

Program itu diluncurkan dengan melibatkan instansi terkait di Jabar seperti Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Jabar, Kanwil Kementerian Agama Jabar, BPOM, hingga Badan Standardisasi Nasional.

"Kami gagas kami bikin pelayanan publik terpadu dan melibatkan instansi vertikal yang selama ini belum di capture oleh kabupaten kota dan daerah lain," kata Kepala Dinas PMPTSP Pemprov Jabar, Nining Yulistiani, di Hotel Mason Pine, Kabupaten Bandung Barat, Selasa (13/2).

Nining mencontohkan, sertifikasi halal merupakan salah satu poin penting yang harus dimiliki para pelaku UMKM. Melalui P3T, layanan masyarakat untuk mendapat sertifikasi semakin mudah dan memangkas biaya.

"Masyarakat kan selama ini melihat layanan sertifikasi lama sulit biaya tinggi itu akan hilang stigma itu dengan adanya pelayanan publik ini," ujar Nining.

Kata Nining, dengan adanya P3T diharapkan dapat memperbanyak produk UMKM yang telah tersertifikasi.

Pusat Pelayanan Publik Terpadu (P3T) diluncurkan untuk melengkapi mal pelayan publik yang telah hadir di sejumlah Kabupaten dan Kota Jawa Barat.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News