Polisi Terjunkan 19.725 Personel Gabungan Amankan Pemilu 2024

Senin, 12 Februari 2024 – 13:15 WIB
Polisi Terjunkan 19.725 Personel Gabungan Amankan Pemilu 2024 - JPNN.com Jabar
Personel gabungan Polda Jabar dalam giat apel pergeseran pasukan dan patroli gabungan dalam rangka Pemilu 2024 di halaman Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Senin (12/2). Foto: Nur Fidhiah Shabrina/jpnn.com

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat bersama instansi terkait menerjunkan 19.725 personel untuk mengamankan jalannya Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. 

Hal tersebut disampaikan Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Ibrahim Tompo seusai giat apel pergeseran pasukan dan patroli gabungan dalam rangka Pemilu 2024 di halaman Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Senin (12/2). 

"Jumlah personel yang dilibatkan terbagi dari Pam TPS dan patroli gabungan, serta bersiaga di pos pengamanan totalnya 19.725 personel," kata Ibrahim. 

Belasan ribu personel gabungan dari unsur Pemerintah Daerah, TNI, Polri ini bertujuan untuk menjaga kondusifitas selama pelaksanaan Pemilu, terutama patroli di masa tenang. 

"Ini juga persiapan menghadapi kondisi saat pemungutan suara," ucap Ibrahim. 

Lebih lanjut, Ibrahim mengatakan, pihak kepolisian telah memetakan daerah rawan bencana seperti tanah longsor dan daerah aliran sungai, serta daerah pegunungan. 

Polda Jabar telah menginstruksikan seluruh wilayah untuk menyiapkan personel dan peralatan serta berkoordinasi dengan stakeholder setempat untuk bersiap melakukan evakuasi warga ketika bencana terjadi. 

"Tujuan utama patroli jaga kondusifitas wilayah. Diharapkan dapat memantau potensi kerawanan kamtibmas dengan menjangkau seluruh wilayah. Patroli dilakukan di tingkat Polda, Polres hingga Polsek," terangnya. 

Menjelang hari pemilihan 14 Februari, Polda Jabar terjunkan belasan ribu personel gabungan jaga di TPS hingga wilayah rawan bencana.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News