Polemik Bayar Kuliah Pakai Pinjol, Ridwan Kamil: Jangan Memberatkan Mahasiswa

Selasa, 30 Januari 2024 – 14:00 WIB
Polemik Bayar Kuliah Pakai Pinjol, Ridwan Kamil: Jangan Memberatkan Mahasiswa - JPNN.com Jabar
Eks Gubernur Jabar Ridwan Kamil. Foto: Nur Fidhiah Shabrina/jpnn.com

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang juga alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) ikut mengomentari perihal polemik kampusnya yang menggandeng perusahaan pinjol Danacita untuk pembayaran UKT.

Pria yang karib disapa Emil itu meminta agar kerjasama antarlembaga itu tidak memberatkan mahasiswa.

“Pertama, niatnya baik karena tidak semua mahasiswa itu punya kemampuan keuangan. Harus disubsidi itu, realitanya tidak semua bisa membayar,” kata Emil di Bandung, Selasa (30/1).

Ia mengungkapkan, terdapat beberapa jalur seleksi masuk ITB yang bisa ditempuh calon mahasiswa, seperti seleksi dari sekolah, seleksi berbasis tes, dan seleksi jalur mandiri.

Bagi mereka yang kesulitan membayar UKT, Emil menilai kampus punya kebijakan untuk membantu mahasiswanya.

“Sistem subsidi menolongnya dalam bentuk pinjaman. Saya kira kita lihat konteks kekinian saja karena orang pinjaman hari ini digital ya,” tuturnya.

Namun begitu, ia menekankan bahwa pinjaman yang diberikan tidak memberatkan mahasiswa. Negara harus hadir memberikan pinjaman tanpa bunga.

“Yang penting jangan memberatkan, negara hadir dalam bentuk minjem gak ada bunganya saya kira itu paling bagus,” ujarnya.

Mantan Gubernur Jabar Ridwan Kamil ikut berkomentar soal polemik kampus ITB yang bekerjasama dengan perusahaan pinjol Danacita untuk bayar kuliah.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News