Massa Mahasiswa Geruduk Gedung Rektorat ITB Buntut Bayar UKT Pakai Pinjol

Senin, 29 Januari 2024 – 16:25 WIB
Massa Mahasiswa Geruduk Gedung Rektorat ITB Buntut Bayar UKT Pakai Pinjol - JPNN.com Jabar
Mahasiwa ITB membentangkan spanduk dalam aksi unjuk rasa bayar kuliah pakai pinjol di depan Gedung Rektorat ITB, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Senin (29/1). Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Sejumlah mahasiswa dari kampus Institusi Teknologi Bandung (ITB) menggelar aksi unjuk rasa di depan gedung rektorat ITB, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Senin (29/1). 

Aksi unjuk rasa ini buntut kebijakan kampus yang memfasilitasi perusahaan pinjol Danacita untuk pembayaran UKT mahasiswa. 

Pantauan JPNN di lokasi, ratusan mahasiswa ini mengawali aksi dengan long march dari kampus ITB di Jalan Ganeca menuju gedung rektorat. 

Di depan gedung rektorat mereka kemudian membentangkan spanduk dengan tulisan seperti 'Institut tapi berpinjol', 'pendidikan harus membebaskan bukannya menjajah finansial', 'Danacita hapus cita-cita', 'putra/putri terikat pinjol', dan lain sebagainya. 

Kedatangan mereka ini, selain memprotes kerjasama kampus dengan perusahaan pinjol, juga menuntut penjelasan langsung dari Rektor ITB Reini Wirahadikusumah. 

Mahasiwa pun mendesak untuk bertemu dengan rektor atau perwakilan rektorat. 

"Mana mana rektornya, mana rektornya sekarang juga," teriak orator. Dari rilis yang diterima, terdapat empat poin tuntutan yang disampaikan oleh mahasiswa dalam aksi itu. Berikut ini tuntutannya:

1. Memaksimalkan sumber (beasiswa) dan skema (keringanan dan cicilan UKT) penyelenggaraan dana lainnya yang tidak memberatkan mahasiswa;

Seratusan mahasiswa ITB menggelar aksi unjuk rasa di depan Gedung Rektorat buntut kampus kerjasama dengan pinjol Danacita.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News